Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Walau Dikeluhkan Quartararo, Yamaha Enggan Mengubah Konfigurasi Mesin YZR-M1

Fabio Quartararo
Sumber :

100kpj – Fabio Quartararo kerap mengeluhkan mesin motor balap Yamaha YZR-M1 sepanjang musim MotoGP 2022. Quartararo mengatakan, karakter Yamaha M1 berubah cukup signifikan selama beberapa tahun belakangan ini, namun bukan ke arah positif.

"Ketika saya menggeber Yamaha YZR M1, semuanya mengatakan pada saya bahwa Yamaha adalah motor yang semua orang ingin mengendarainya, karena sangat mudah dikendarai," bilang Quartararo saat itu.

Runner up musim 2022 itu menilai motor tidak memiliki tenaga, ketimbang rivalnya seperti Ducati. Tak sedikit yang menduga hal tersebut dikarenakan konfigurasinya.

Banyak motor-motor pabrikan di MotoGP yang menggunakan konfigurasi mesin V4, sedangkan Yamaha M1 menggunakan konfigurasi mesin 4-silinder segaris. Walau sebenarnya hal itu dipatahkan oleh Suzuki.

Di mana, Suzuki masih menggunakan 4-silinder segaris pada GSX-RR. Motor tersebut memiliki tenaga yang cukup baik untuk bisa menandingi para rivalnya.

Lin Jarvis selaku Managing Director Yamaha Motor Racing, menegaskan Yamaha akan tetap bertahan pada konsep mesin tersebut. Dia tidak melihat ada yang salah dengan konfigurasi mesin tersebut.

Lin Jarvis dan Fabio Quartararo. Foto: MotoGP.
Berita Terkait
hitlog-analytic