Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jangan Kaget, Ini Harga Motor yang Digeber Pembalap Beragama Islam Penguasa Sirkuit Mandalika

Motor Yamaha R1 Replika Toprak Razgatlioglu
Sumber :

100kpj – Toprak Razgatlioglu pembalap beragama Islam menjadi penguasa di Sirkuit Mandalika, pada ajang WorldSBK yang digelar di Sirkuit Mandalika, Minggu 16 November 2022, dengan menggunakan Yamaha YZF-R1.

Walaupun menggunakan motor produksi massal, hanya saja motor Yamaha YZF-R1 yang digeber Toprak, dengan motor Yamaha R1 yang dijual umum berbeda, perbedaannya pada spare part karena YZF-R1 yang dipake Toprak menggunakan spare part racing.

Makanya jangan heran jika harganya pun berbeda antara Yamaha YZF-R1 yang dijual bebas, dengan YZF-R1 yang digeber Toprak.

Menurut Sarah Byles, Sponsorship and Marketing Manager Pata Yamaha Brixx WorldSBK mengungkapkan, harga motor Yamaha YZF-R1 yang dijual di dealer Yamaha di Eropa, akan lebih mahal 7 kali lipat ketika digunakan untuk balap di WorldSBK.

WorldSBK Mandalika

Agar bersaing di ajang WorldSBK maka motor harus dilakukan proses modifikasi, dengan pergantian part racing agar motor jadi kompetitif, untuk menciptakan motor tersebut tim bisa menghabiskan anggaran sekitar 150 ribu euro (2,4 miliar).

"Perbedaannya sangat banyak dibanding R1 yang dijual di pasaran, di Eropa Yamaha R1 sekitar 20.000 Euro atau sekitar Rp 320 jutaan, tapi untuk membangunnya hanya part-nya saja tidak termasuk technical support, technical development, harga sekitar 150.000 euro atau sekitar Rp 2,4 miliar," jelas Sarah di paddock Pata Yamaha with Brixx WorldSBK.

Berita Terkait
hitlog-analytic