Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bagnaia Juara Dunia 2022: 5 Kali DNF dan Sempat Tertinggal 91 Poin

Pembalap Ducati, Francesco Bagnaia
Sumber :

100kpj – Francesco Bagnaia sukses merebut gelar juara dunia MotoGP 2022. Pembalap Ducati itu memastikan gelar tersebut usai melakoni balapan di MotoGP Valencia, Minggu malam WIB 6 November 2022.

Bagnaia finis pada posisi kesembilan pada balapan tersebut. Namun itu sudah membuatnya tak bisa lagi dikejar oleh pembalap Monster Yamaha, Fabio Quartararo yang menempati urutan kedua klasemen pembalap MotoGP 2022.

Pembalap asal Italia mengakhiri musim ini dengan membukukan 265 poin, sementara Quartararo memiliki 248 poin. Sepanjang musim ini, pembalap berjuluk Pecco itu padahal lima kali gagal finis atau DNF di seri MotoGP Qatar, Prancis, Catalunya, Jerman, dan Jepang.

Akan tetapi, Bagnaia tercatat menjadi juara seri sebanyak tujuh kali di musim ini. Pembalap berusia 25 tahun itu juga sekali menduduki urutan kedua, dan podium ketiga sebanyak dua kali.

Pembalap Ducati, Francesco Bagnaia

Bukan cuma itu saja yang membuat Bagnaia mengundang decak kagum. Dia berhasil menyalip Quartararo yang sebelumnnya memimpin klasemen pembalap MotoGP dengan selisih 91 poin.

Catatan apik itu membuatnya masuk sejarah, di mana ada pembalap dengan selisih poin 91 justru berhasil bangkit untuk menjadi juara. Bagnaia juga tercatat sebagai pembalap asal Italia yang telah memenangkan balapan setelah terakhir kali dilakukan Valentino Rossi pada MotoGP 2009.

Berita Terkait
hitlog-analytic