Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Performa Rossi Jeblok, Sang Ayah Salahkan Motor Yamaha

Valentino Rossi
Sumber :

100kpj – Paruh pertama MotoGP musim ini, performa Valentino Rossi bisa dikatakan cukup jeblok. Namun, Graziano Rossi selaku sang Ayah menilai hasil tersebut karena performa motor Yamaha M1.

Pada awal musim, performa Rossi cukup meyakinkan dengan meraih posisi kedua sebanyak dua kali dalam tiga balapan. Situasi itu membuat dirinya kembali digadang-gadang jadi rival kuat Marc Marquez.

Sayangnya, performa pembalap berusia 40 tahun itu malah kian menurun dengan hanya finis di enam besar dalam 5 balapan berikutnya. Kemudian tiga gagal finis di Mugello, Catalunya dan Assen.

Tercatat, dari 9 balapan yang sudah berlangsung, Rossi baru mengemas 80 poin. Ini menjadi poin terendah sejak 2002 usai melewati sembilan balapan.

Hasil jeblok ini membuat Rossi dikabarkan dekat dengan pintu pensiun. Terlebih, Yamaha mengatakan bila masa depan mereka di MotoGP sudah tidak dengan pembalap asal Italia ini.

Menurut analisa Graziano, penampilan buruk Rossi banyak dipengaruhi motornya yang sulit mendapatkan setelan ideal. Dia menyadari bila motor Yamaha cukup sulit untuk ditunggangi.

"Paruh pertama kejuaraan memang tidak terlalu bagus. Ada beberapa balapan di mana dia cukup bagus di awal musim, tapi setelah tiga balapan sebelum liburan tidak bagus karena M1 bukanlah motor yang gampang ditungganngi," kata Graziano kepada Radio Marca.

"Penyetelan sempurna itu penting karena Yamaha tidak menciptakan sebuah mesin yang sangat powerful. Dan itulah mengapa motor mesti harus sempurna. Dan untuk Valentino dan timnya, sejauh ini sulit untuk mendapatkan setelan yang optimal," paparnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic