Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Sirkuit Mandalika Incar Homologasi untuk Balapan Ini

Sirkuit Mandalika.
Sumber :

100kpj – Sirkuit Mandalika telah sukses menggelar ajang balap motor paling bergengsi di dunia, yakni MotoGP dan World Superbike, dan menjadi sirkuit kebanggaan masyarakat Indonesia.

Setelah berhasil menjadi tuan rumah MotoGP dan World Superbike 0ada tahun 2022 ini, pihak pengelola Sirkuit Mandalika berburu homologasi dari Federasi Balap Mobil Internasional (FIA).

Menurut Priandhi Satria, Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengatakan, saat ini pihaknya terus berkomunikasi dengan FIA terkait homologasi Sirkuit Mandalika mendapatkan Grade 2 untuk kategori balap mobil.

Jika terwujud, Sirkuit Mandalika bisa menggelar ajang balap mobil dengan kelas di bawah balapan F1.

"Homologasi tidak langsung dijawab, jadi kita mengirimkan dokumen-dokumen berisi gambar 2D, 3D, lebar detail diperiksa sama mereka. Kemudian mereka masukkan ke dalam sistem komputer akan melakukan simulasi, untuk grade ini kelebihan dan kekurangannya apa. Jadi sedang dijalankan oleh FIA, untuk nanti keluar, feedback-nya bolak-balik," tambahnya dikutip 100KPJ.com, Selasa 4 Oktober 2022.

Lebih lanjut Priandhi menjelaskan, proses homologasi sirkuit beriringan dengan ketentuan sirkuit balap di bawah FIM sepeda motor dan mobil di tangan FIA.

"Tidak mudah juga karena gambar yang dari FIA ini disesuaikan supaya tetap dapat homologasi FIM grade A supaya MotoGP dan WSBK-nya jalan. Dua-duanya ini mesti kita atur supaya FIM A dapat, (FIA) grade 2 dapat. Masih bolak-balik antara konsultan dengan FIM dan FIA," pungkasnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic