Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kemenangan Yamaha Dibatalkan, Kawasaki Raih Gelar Juara Suzuka 8 Hours

Pembalap Jonathan Rea di Suzuka 8 Hours
Sumber :

100kpj –  Drama terjadi di ajang Suzuka 8 Hours 2019, dengan sempat diwarnai oleh protes menyusul hasil balapan. Hingga akhirnya, Race Direction resmi menyatakan Kawasaki Racing Team sebagai juaranya.

Dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Suzuka Jepang, Minggu 28 Juli 2019, saat itu Jonathan Rea memimpin balapan. Itu terjadi usai Rea membawa #10 Kawasaki ambil alih pimpinan dari #33 Red Bull Honda di satu jam terakhir balapan.

Saat balapan menyisakan 20 menit lagi, mesin motor #2 SERT Suzuki meledak di Tikungan. Alhasil, tumpahan oli pun membahasi lintasan sirkuit dan Rea pun terjatuh pada 2 menit akhir.

Red Flag kemudian dikibaskan dan Kawasaki pun merayakan kemenangan. Namun, Race Direction menyatakan pemenang adalah Yamaha.

Alasannya, karena Rea tidak dapat kembali ke pit dalam batas waktu lima menit. Tak terima, Kawasaki pun melancarkan protes dan menyatakan tetap menang karena hasil balapan seharusnya berdasarkan posisi pada lap sebelum kibasan Red Flag.

Dilansir Motorsport, akhirnya Race Direction akhirnya mengubah keputusan. Hasil balapan mengacu pada posisi setelah menyelesaikan lap sebelum Red Flag dan aturan lima menit diabaikan.

Alhasil, #10 Kawasaki (Rea, Leon Haslam, Toprak Razgatlioglu) dinyatakan sebagai juara Suzuka 8 Hours. Dan ini menjadi kemenangan pertama tim Kawasaki sejak terakhir kali pada 1993.

Posisi kedua ada #21 Yamaha (Michael van der Mark, Alex Lowes, Katsuyuki Nakasuga). Podium ketiga dihuni #33 Red Bull Honda (Stefan Bradl, Takumi Takahashi, Ryuichi Kiyonari).

Berita Terkait
hitlog-analytic