Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kazakhstan Jadi Tuan Rumah MotoGP di 2023, Jadwal Makin Padat

MotoGP Jepang
Sumber :

100kpj – Balapan motor MotoGP akan menambah satu seri lagi di musim depan. Kazakhstan secara resmi akan menjadi tuan rumah kasta pertama adu balap motor di dunia ini pada 2023.

Dilansir di situs resmi MotoGP, Sirkuit Sokol, Almaty akan menjadi venue balapan MotoGP Kazakhstan. Mereka menjalin kontrak dengan Dorna selama lima tahun, dan Kazakhstan menjadi negara ke-30 tempat digelarnya MotoGP.

"Kejuaraan dunia MotoGP akan datang ke Kazakhstan! 2023 menjadi awal dari kontrak selama lima tahun di MotoGP dengan wilayah baru dengan Sirkuit Internasional Sokol bergabung ke dalam kalender," kata pernyataan resmi motoGP.

"Terletak tepat di luar kota terbesar Kazakhstan, Almaty, Sokol adalah kompleks olahraga motor baru yang dibangun di jantung Asia Tengah. Wilayah ini akan menjadi pitstop baru untuk MotoGP karena olahraga ini terus berkembang di seluruh dunia, menarik untuk pasar dan basis penggemar baru," lanjut pernyataan itu.

Kazakhstan jadi negara ke-30 yang menjadi tuan rumah MotoGP sejak 1949. "Sirkuit Internasional Sokol akan menjadi tempat ke-74 untuk menjadi tuan rumah kelas utama Grand Prix," tutur MotoGP.

Bertambahnya seri MotoGP Kazakhstan, maka balapan di 2023 akan berlangsung sebanyak 21 seri. Di mana, MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika termasuk di dalamnya.

Selain Indonesia dan Kazakhstan, ada empat negara Asia lainnya yang juga jadi tuan rumah, yakni MotoGP Qatar, MotoGP Jepang, MotoGP Thailand, dan MotoGP Malaysia. Sementara itu, MotoGP 2023 akan dibuka dengan MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, karena Sirkuit Losail di MotoGP Qatar masih dalam renovasi.

Berita Terkait
hitlog-analytic