Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kiprah Suzuki yang Sudah Pamit Dua Kali dari MotoGP

Joan Mir dengan Bendera Spanyol
Sumber :

100kpj – Suzuki akhirnya memastikan diri akan mundur dari ajang balap MotoGP di akhir musim 2022. Dengan begini, Suzuki sudah dua kali mundur dari kasta pertama adu balap motor ini.

Pabrikan asal Jepang tersebut menyatakan ingin berkonsentrasi dalam perubahan besar di dunia otomotif belakangan ini. Alhasil, kondisi tersebut memaksa Suzuki memangkas biaya untuk balap demi fokus mengembangkan teknologi baru.

Suzuki memang tak memiliki sponsor utama di tim balap MotoGP, Ecstar sendiri adalah perusahaan oli mereka sendiri. Alhasil, kontrak dengan Dorna di MotoGP hingga 2026 pun gagal terlaksana.

CEO Dorna Carmelo Ezpeleta menjelaskan bila Suzuki memang sudah tak bisa melanjutkan balap lagi. Dan pihak Dorna tak mau menghalangi keputusan tersebut, karena sudah tak ada solusi lagi untuk permasalahannya.

"Saya pikir sudah tidak ada solusi. Kami juga tidak mau memaksa siapapun untuk melanjutkan kalau kenyataannya memang tidak mau. Kami mendapatkan banyak permintaan dari beberapa tim untuk mengisi posisi mereka dan yang harus kami lakukan sekarang bekerja dengan tenang," kata Ezpeleta dilansir Marca.

Pembalap Suzuki, Alex Rins dan Joan Mir

Dengan begini, Suzuki mengulangi kejadian di 2011 dengan mundur dari MotoGP karena masalah finansial juga. Sebelum undur diri, Suzuki menggunakan GSV-R dengan mesin V4.

Berita Terkait
hitlog-analytic