Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Alasan Suzuki Tinggalkan MotoGP di Akhir Musim 2022

Pembalap Suzuki, Alex Rins dan Joan Mir
Sumber :

100kpj – Suzuki akhirnya secara resmi menyampaikan isu terkait pengunduran diri dari ajang MotoGP di akhir musim 2022 ini. Pabrikan asal Jepang tersebut mengungkapkan bila kondisi ekonomi menjadi salah satu alasannya.

Suzuki sendiri sejatinya memiliki kontrak hingga 2026 di MotoGP, namun kini tak bisa melanjutkannya di musim depan. Mereka saat ini ingin berkonsentrasi dalam perubahan besar di dunia otomotif belakangan ini.

Alhasil, kondisi tersebut memaksa Suzuki memangkas biaya untuk balap demi fokus mengembangkan teknologi baru. Suzuki memang tak memiliki sponsor utama di tim balap MotoGP, Ecstar sendiri adalah perusahaan oli mereka sendir.

"Kami juga ingin mengucapkan terima kasih terhadap Suzuki Ecstar Team dan semua yang sudah mendukung aktifitas Suzuki di dunia balap beberapa tahun ini dan seluruh penggemar Suzuki yang memberikan dukungan luar biasa," bunyi pernyataan Suzuki di situs resmi MotoGP, Kamis 12 Mei 2022.

Sementara itu, CEO Dorna Carmelo Ezpeleta menjelaskan bila Suzuki memang sudah tak bisa melanjutkan balap lagi. Dan pihak Dorna tak mau menghalangi keputusan tersebut, karena sudah tak ada solusi lagi untuk permasalahannya.

Pembalap Suzuki, Joan Mir dan Alex Rins

"Saya pikir sudah tidak ada solusi. Kami juga tidak mau memaksa siapapun untuk melanjutkan kalau kenyataannya memang tidak mau. Kami mendapatkan banyak permintaan dari beberapa tim untuk mengisi posisi mereka dan yang harus kami lakukan sekarang bekerja dengan tenang," kata Ezpeleta dilansir Marca.

Berita Terkait
hitlog-analytic