Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Aspal Sirkuit Mandalika Kuat Digeber Motor hingga 330 Km/jam

Luca Marini di Sirkuit Mandalika. Foto: Mooney VR46.
Sumber :

100kpj – Sirkuit Mandalika terus berbenah usai dikeluhkan banyak pembalap MotoGP karena buruknya aspal pada tes pramusim awal Februari 2022. Pihak MGPA pun telah melakukan pengaspalan ulang usai mendapat saran dari Dorna, agar masalah tak terulang di balapan nanti.

Para pembalap MotoGP pada tes pramusim banyak yang mengeluhkan kondisi lintasan. Di mana, banyak debu dan juga beberapa aspal yang terkelupas hingga bisa membahayakan.

Maka itu, Dorna meminta MGPA untuk melakukan pengaspalan ulang di lintasan. Totalnya, ada sekitar 1,6 kilometer yang diaspal ulang, dimulai dari tikungan 16,5 atau antara tikungan 16 menuju tikungan ke 17.

Diharapkan pada 18-20 Maret 2022, sirkuit Mandalika sudah siap menggelar balapan MotoGP. Untuk aspal sendiri ada tiga lapisan yang dipakai pada sirkuit ini.

Pertama adalah Wearing Course. Wearing Course terdiri dari Stone Mastic Asphalt (SMA) yang merupakan bahan campuran aspal dan digunakan untuk melapisi permukaan atas. Lapisan aspal ini disebut dapat memperkuat struktur lapisan permukaan lintasan sirkuit supaya tetap kuat.

Marc Marquez di Sirkuit Mandalika.

Lapisan kedua adalah Asphalt Concrete. Lapisan ini harus memiliki ketebalan dan rigiditas yang cukup untuk mengurangi tegangan akibat beban lalu lintas yang akan diteruskan ke lapisan bawahnya. Ketiga adalah Base Course. Base Course merupakan lapisan aspal bawah yang berfungsi untuk memperkuat struktur lintasan utama .

Berita Terkait
hitlog-analytic