Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mengapa Aspal Sirkuit Mandalika Tak Dikomplain saat WSBK 2021?

Hujan di Sirkuit Mandalika.
Sumber :

100kpj – Usai menjalani tes pramusim, sejumlah pembalap MotoGP mengeluhkan aspal Sirkuit Mandalika yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sebagian mereka berpendapat, permukaan jalan tersebut tak sempurna alias banyak lapisan yang terkelupas.

Kenyataan tersebut kemudian memicu satu pertanyaan, mengapa saat seri terakhir World Superbike atau WSBK 2021 lalu tak ada pembalap yang mengeluhkan hal tersebut? Padahal, kala itu, lintasan masih benar-benar baru.

Baca juga: Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Ditargetkan Rampung 10 Maret

Jonathan Rea di Mandalika.

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta mengatakan, motor yang digunakan di MotoGP lebih kuat dibandingkan motor WSBK. Hal tersebut yang kemudian membuat sebagian aspal di Sirkuit Mandalika hancur.

"Itu menunjukkan kekuatan sepeda motor MotoGP juga mampu menghancurkan aspal jika tidak dikerjakan dengan benar. Tentunya ada kesalahan dalam desain aspal di beberapa bagian sirkuit," ujar Ezpeleta ketika ditanya alasan aspal Mandalika tak rusak saat menggelar WSBK 2021 lalu, dikutip Kamis 24 Februari 2022.

Ezpeleta mengatakan semua pihak yang terlibat dalam gelaran MotoGP Mandalika, termasuk MGPA dan ITDC sebagai tuan rumah, sedang berupaya keras untuk memperbaiki Sirkuit Mandalika jelang balapan.

Berita Terkait
hitlog-analytic