Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Sudah Jarang Jatuh Ketika Balapan MotoGP, Ini Resep Marquez

Marc Marquez di MotoGP Amerika
Sumber :

100kpj – Pembalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez, mencatat hasil memuaskan dengan meraih enam kali podium beruntun, sekaligus enam kali tanpa terjatuh dari sepeda motor. Kali terakhir ia gagal menyelesaikan balapan adalah di GP Amerika Serikat, tiga bulan lalu.

Pencapaian mentereng itu merupakan kelanjutan dari tren positif yang telah Marquez buat sejak awal musim. Sebab, di edisi MotoGP sebelumnya, ia sempat dicitrakan sebagai pembalap yang gemar jatuh. Hal itu terbukti melalui data yang menyebutkan dirinya mengalami crash sebanyak 23 kali, baik saat latihan, kualifikasi, maupun balapan.

Di balik keberhasilannya tersebut, pembalap berjuluk Baby Alien itu mengaku menyimpan resep khusus, agar terhindar dari kecelakaan saat membalap. Salah satunya, dengan menciptakan hubungan baik antara dirinya dengan sepeda motor.

“Semua adalah soal bagaimana Anda memahami sepeda motor dengan baik, meski setiap musimnya selalu ada pembaruan di bagian mesin dan juga sasis,” ujarnya kepada Speedweek, Senin 15 Juli 2019.

“Selanjutnya, ini juga tentang berkonsentrasi. Jika Anda sangat fokus pada motor, Anda bisa menghindari crash. Saya tak terlalu sering terjatuh sekarang. Tapi adakah yang menghitung penyelamatan saya? Anda harus benar-benar fokus, dan itu kuncinya,” sambung dia.

Pembalap yang identik dengan nomor 93 itu mengaku, motor Honda memiliki tingkat kecepatan dan keseimbangan di atas rata-rata. Namun, jika pengendaranya kurang fokus, dan tidak memahami karakter kendaraan, ia pasti akan mengalami kesulitan.

“Ketika mengendarai motor Honda, maka saya harus mencapai limit dan menjadi yang tercepat. Namun, saat tes di Montmelo, saya tidak fokus 100 persen. Roda depan tergelincir dan saya pun terjatuh,” tutup dia.

(Laporan: Septian Farhan Nurhuda)

Berita Terkait
hitlog-analytic