Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bukan Usia yang Makin Tua, Rossi Yakin Ini Sebabnya Dia Mulai Lambat

Valentino Rossi
Sumber :

100kpj – Pembalap Monster Energy Yamaha asal Italia, Valentino Rossi, hanya berhasil finish kedelapan di gelaran MotoGP Jerman yang berlangsung di Sirkuit Sachsenring, akhir pekan lalu.

Sama seperti alasan sebelumnya, ia mengaku kegagalan tersebut disebabkan oleh kecepatan motornya yang kian melamban.

Faktanya, pembalap berjuluk The Doctor itu memang tidak bisa melaju kencang di lintasan sepanjang 3,7 kilometer tersebut. Bahkan, jika dibandingkan GP yang sama musim lalu, Rossi mengakhiri balapan dengan selisih waktu cukup jauh.

“Hari ini saya finish 20 detik lebih lambat dari GP Sachsenring tahun lalu. Hal ini semakin sulit dipahami, saya harus segera menemukan letak kesalahan sepeda motor,” kata Rossi, seperti dikutip Crash, Senin 8 Juli 2019.

Kenyataan itu membuat Rossi semakin yakin, bahwa penyebab utama penurunan performanya bukan terletak di usia. Sebab, kata dia, apabila memang benar disebabkan usia, mengapa ada jarak waktu yang demikian jauh meski perbandingannya hanya berselisih satu tahun?

“Kalian mungkin berkata bahwa semua ini karena (saya) telah berakhir. Tapi nyatanya, di Sachsenring musim lalu, saya bisa 20 detik lebih cepat. Itu hanya berjarak satu tahun, bukan lima tahun. Artinya, saat itu pun saya sudah tua,” kata dia.

“Kami terus mencari jalan keliar dan memahami penyebabnya. Sebab sekali lagi, tahun lalu, lima seri tersulit saya musim ini justru menjadi yang termudah saat itu. Saya masih kompetitif, bahkan (di musim lalu) beberapa kali saya naik podium,” tambahnya.

Meski pembalap yang identik dengan nomor 46 itu merasa kecewa, namun baginya ada satu hal yang patut disyukuri. Mengingat, seri balap kemarin merupakan kali pertama ia menjejak garis finish, setelah di tiga balapan sebelumnya pembalap 40 tahun itu selalu gagal, akibat terjatuh.

“Paling tidak saya bisa menyelesaikan balapan, meski semuanya berlangsung sulit dan sedang tidak dalam kondisi prima,” tutup Rossi.

(Laporan: Septian Farhan Nurhuda)

Berita Terkait
hitlog-analytic