Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Balap Motor Oneprix 2019, Kenali Informasi dari Warna Bendera

Oneprix, Indonesia Motorprix Championship
Sumber :

100kpj – Ajang balapan paling bergengsi Oneprix Indonesia Motorprix Championship 2019 bakal segera bergulir. Sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya akan menggelar seri perdana, Sabtu 6 Juli (babak kualifikasi) hingga partai puncak pada Minggu 7 Juli 2019.

Layaknya balapan bergengsi lainnya, gelaran Oneprix 2019 ini juga menggunakan aturan-aturan layaknya balapan kelas dunia. Termasuk dengan penggunaan beberapa warna bendera sebagai informasi bagi para pembalap yang beraksi.

Ya, selain bendera start dan finish, dalam balapan motor paling bergengsi ini juga akan menggunakan beberapa bendera sebagai informasi bagi para pembalap. Selain itu, warna bendera juga digunakan untuk berbagai instruksi untuk para pembalap.

Penggunaan bendera dengan berbagai warna ini juga mengacu pada aturan yang dikeluarkan Ikatan Motor Indonesia (IMII) sebagai pihak yang mengeluarkan regulasi untuk ajang balapan di tanah air.

1. Bendera hijau
Berarti lintasan dalam kondisi aman. Bendera harus diperlihatkan di setiap pos petugas  bendera, di setiap lap pertama Latihan Resmi dan lap pengamatan untuk tahap pengenalan lintasan. Bendera ini juga harus segera diperlihatkan di setiap pos petugas bendera, setelah kecelakaan yang mengharuskan dipergunakannya Bendera Kuning. Ketika pintu keluar Pit-Lane dibuka, bendera ini harus dilambaikan di pintu keluar Pit-Lane.

2. Bendera kuning dengan strip merah
Bendera dengan 3 buah strip Kuning dan 2 buah strip Merah vertikal hal itu menandakan bahaw lintasan  licin,  yang disebabkan  oleh sesuatu selain hujan. Benderaharus diperlihatkan di setiap pos petugas bendera.

3. Bendera putih dengan silang merah diagonal
Berarti gerimis turun di bagian lintasan ini. Bendera harus diperlihatkan di setiap pos petugas bendera.

4. Bendera putih dengan silang merah dan bendera kuning dengan strip merah
Berarti hujan di bagian lintasan tersebut. Benderaini harustersediadi setiap pos petugas bendera.h.Bendera PutihBerarti terjadi hujan dibeberapa bagian sirkuit

5. Bendera biru
Berarti akan segera didahului. Bendera harus diperlihatkan di setiap pos petugas bendera. Selama latihan, pembalap yang akan didahului harus tetap konsentrasi dijalur balapnya, dan mengurangi kecepatannya karena akan didahului oleh pembalap yang lebih kencang.

Selama Balapan, pembalap harus memberikan kesempatan untuk di-overlap pembalap di kesempatan pertama. Apabila terdapat group yang akan di-overlap, para pembalap yang berada di dalam group tersebut tidak boleh saling mendahului. Selama sesi latihan dan balapan, diperlihatkan pada pos pertama setelah Pit-Lane Exit, bertujuan untuk memberikan prioritas kepada pembalap yang berada di dalam lintasan balap. Setiap pelanggaran atas peraturan ini, akan mengakibatkan jatuhnya sanksi.

Berita Terkait
hitlog-analytic