Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jangan Kaget Ini 'Perabotan Lenong' MotoGP yang Dibawa Tiap Seri

Logistik MotoGP
Sumber :

100kpj – Sebagai ajang balapan motor prototype paling bergengsi di dunia, MotoGP bukan hanya menyuguhkan tontonan yang menarik. Namun cerita dibalik balapan pun seru untuk dibahas, termasuk urusan logistik yang menjadi 'perabotan lenong' setiap sirkus MotoGP ini pentas.

Makanya ketika berkunjung ke Indonesia, pihak Dorna Sports sebagai promotor MotoGP tidak hanya mengunjungi sirkuit Mandalika, tapi pihak Dorna yang diwakili oleh Carlos Ezpeleta yang menjabat sebagai Managing Director MotoGP ditemani dengan Loris Capirossi, mantan pembalap MotoGP yang juga menjabat Promoter Representative Dorna juga mendatangi tempat-tempat penting lainnya seperti bandara.

Pasalnya nanti melalui bandara tersebut perabotan lenong alias bagian logistik MotoGP mendarat, dan dikirim kembali ke negara lain sebagai tuan rumah MotoGP seri selanjutnya.

Untuk mengangkut bagian logistik tersebut, dibutuhkan pesawat berbadan lebar sekelas B777 dan pesawat kargo logistik MotoGP, juga ada Boeing 747 Jumbo Jet yang siap membawa logistik seberat ratusan ton.

Logistik MotoGP

Dikutip dari website resmi MotoGP, pesawat Boeing 747 jumbo jet tersebut akan membawa peralatan termasuk safety car, dalam satu seri ada sekitar 600 kontainer besar yang mengangkut material, nantinya distribusi logistik dari bandara menuju ke sirkuit, akan diangkut oleh truk sebanyak 40 unit.

Motor dan perlengkapan untuk seluruh tim jika dijumlah bobotnya mencapai 180 ton, sementara peralatan untuk Tv Dorna totalnya seberat 50 ton, sedangkan untuk alat promosi dan periklanan seberat 23 ton, dan peralatan penghitung waktu seberat 7 ton.

Berita Terkait
hitlog-analytic