Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tragedi Tabrakan Karambol di Catalunya, Rossi Tak Salahkan Lorenzo

Insiden Lorenzo jatuh dan tabrak Vinales, Dovizioso dan Rossi
Sumber :

100kpj – Insiden tabrakan karambol di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Minggu 16 Juni 2019, masih ramai dibahas para pencinta MotoGP. Peristiwa itu melibatkan empat pebalap kesohor, Jorge Lorenzo, Valentino Rossi, Maverick Vinales, dan Andrea Dovizioso.

Akibatnya, keempat pebalap itu tak bisa melanjutkan balapan. Lorenzo disebut-sebut sebagai biang kerok terjadinya kecelakaan, lantaran kehilangan keseimbangan hingga ban motornya menyenggol motor pebalap lain dan terjatuh.

Terkait hal ini, pebalap Yamaha, Valentino Rossi justru tak menyalahkan sepenuhnya si juara dunia lima kali, Lorenzo. The Doctor justru mengkritik habis-habisan tikungan 10, tempat kejadian perkara mereka 'ndlosor' mencium panasnya aspal.

Seperti dikutip Motorsport, Kamis 20 Juni 2019, Rossi mengatakan, yang membuatnya gagal finish di MotoGP Catalunya karena tikungan tersebut sangat buruk dan layaknya lahan parkir supermarket.

Sebagai pebalap paling senior di kelas tertinggi, Rossi sangat paham insiden tersebut merupakan risiko dari balapan. Alih-alih menyalahkan Lorenzo, The Doctor justru mengkritik layout dari Circuit de Catalunya yang sangat berisiko menyebabkan kecelakaan.

"Saya tak tahu apa yang terjadi karena kami ingin layout normal untuk sepeda motor dalam dua tikungan terakhir. Mereka banyak bekerja pada area run-off. Tapi, mengapa masih ada tikungan ini?" kata pembalap 40 tahun ini.

"Saya bertarung di tikungan Sirkuit Catalunya yang mana tikungan kirinya bisa dilibas dengan baik. Tapi, untuk beberapa alasan, masih ada tikungan ini yang seperti parkir supermarket. Bagi saya, ini bukan tikungan di lintasan balap. Di tikungan seperti ini, akan mudah terjadi kecelakaan," ungkapnya.

Rossi dan 22 pembalap lainnya mengaspal di Circuit de Catalunya pada akhir pekan lalu. Berharap mengulang raihan manisnya di Spanyol, Rossi malah gigit jari lantaran gagal menyelesaikan balapan karena terjatuh di lap kedua.

Pembalap asal Italia itu termasuk dalam kecelakaan beruntun di tikungan 10 yang disebabkan oleh Jorge Lorenzo. Dua pembalap lainnya yang jadi korban adalah Maverick Vinales dan Andrea Dovizioso.

Berita Terkait
hitlog-analytic