Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Di Motor MotoGP, Swingarm Saja Seharga Rp4 Miliar

Winglet di Motor Honda
Sumber :

100kpj – Motor di MotoGP memang dibangun penuh ketelitian dan perhitungan tepat, agar mulus melaju di lintasan. Makanya, bagian-bagian di motor tersebut sangat lah mahal, salah satunya adalah swingarm.

Swingarm atau lengan ayun tersebut, memang cukup mahal bila terbuat dari material seperti karbon. Sebab lengan ayun ini menjadi komponen penghubung rangka motor dengan roda belakang.

Komponen itu juga turut berkontribusi pada handling motor, apalagi motor balap. Pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow, beberapa kali meminta kepada timnya unruk mendapatkan swingarm seperti di motor Marc Marquez di setiap seri.

Soalnya, swingarm harus dilepas dan diperiksa dengan teliti setiap kali pembalap terjatuh. Sedangkan kalau swingarm bermasalah, pasokan swingarm pengganti langsung didatangkan dari Jepang dan itu membutuhkan waktu sangat lama.

"Marc Marquez menerima perlakuan istimewa jika terjadi kekurangan material, tim Repsol secara keseluruhan. Dan karena swingarm ini berharga sekitar 250 ribu euro (Rp 4 miliaran), kami tidak selalu menggunakan komponen seperti itu," kata Crutchlow dilansir Speedweek.

Sementara itu, biaya penelitian dan pengembangan swingarm karon, menurut Alex Giussani, Direktur Teknis Suter Industries, mencapai 100 ribu euro, atau setara Rp1,6 miliar).

"Kemudian saya memperkirakan biaya per potong swingarm karbon sebesar 20 ribu euro (Rp320 jutaan)," katanya.

Satu motor di kelas MotoGP memang cukup mahal. Kabarnya, satu motor memiliki harga sekitar 3 juta euro, atau setara dengan Rp48,6 miliar.

Berita Terkait
hitlog-analytic