Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Rahasia di Balik Penutup Roda Motor MotoGP Ducati

Motor MotoGP Ducati
Sumber :

100kpj – Ducati selalu melakukan terobosan baru pada motornya di ajang MotoGP. Terbaru, motor Desmosedici GP19 dipasangkan cover atau penutup roda di bagian depan dan belakang, lalu apa fungsinya?

Dilansir Asphaltandrubber, Direktur Olahraga Ducati Corse, Paolo Ciabatti, sebelumnya berjanji akan membawa sesuatu ke di seri MotoGP Italia pada Mei lalu untuk membantu pembalapnya.

Ducati memasang penutup roda belakang ini ke tunggangan pembalap tes mereka, Michele Pirro. Ternyata, fungsi dari penutup roda di bagian depan untuk melancarkan hambatan udara dari depan motor.

Serta menghilangkan turbulensi yang diciptakan pelek yang berputar. Dengan hambatan yang minim, otomatis kecepatan maksimal motor ini bisa meningkat lagi.

Sedangkan fungsi penutup roda belakang itu untuk kebutuhan aerodinamika. Pirro sendiri mengaku tidak merasakan banyak perbedaan dengan adanya tambahan cover di ban belakang.

Akhirnya, Andrea Dovizioso pun hanya memakai cover ban depan saja pada saat balapan. Walau begitu, dia berhasil mencatat rekor kecepatan baru di MotoGP, dengan top speed 356,7 km/jam.

Berita Terkait
hitlog-analytic