Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Facebook Bikin Motor yang Bisa Berdiri Sendiri

Motor Facebook
Sumber :

100kpj – Facebook mulai melirik dunia otomotif, di mana telah mematenkan kendarannya. Platform jejaring sosial itu dikabarkan tertarik mengembangkan sepeda motor yang memiliki teknologi anti-jatuh.

Dilansir Rideapart, Facebook mengusung konsep dengan desain melibatkan stabilizer loop kontrol yang menyeimbangkan sepeda secara otomatis. Bahkan, kedua roda mampu melakukan mengemudi.

Belum jelas apa tujuan dari aplikasi paten ini, mungkin jika Google dapat mengembangkan mobil self-driving, maka mungkin Facebook ingin menuju ke arah roda dua yang lebih ramah.



Motor ini menggunakan dua stabilizer di kiri dan kanan yang berfungsi untuk membantu gerak masing-masing roda. Sementara di atas roda terlihat mirip sistem rem (disc brake/rem cakram), yang seakan berfungsi menyeimbangkan motor dalam posisi diam meski tanpa bantuan penyanggah dan pengendara.

Kecanggihan lainnya, sistem kerja kedua roda bisa berputar 360 derajat secara robotik sehingga motor tidak akan jatuh meski pengendaranya tidak menurunkan kaki.



Banyak prediksi bila gambar-gambar ini hanya untuk kebutuhan edukasi teknologi kendaraan self-balancing ke sekolah-sekolah dan sejumlah universitas di Amerika Serikat. Namun, tentunya ini menjadi terobosan baru bagi dunia otomotif.

“Platform kendaraan yang dijelaskan di sini dapat memiliki banyak aplikasi. Misalnya, platform kendaraan dapat, ketika terintegrasi dalam desain sepeda motor, menyediakan bentuk transportasi yang ditingkatkan (dan berpotensi otonom) bagi manusia. Platform kendaraan ini juga dapat digunakan untuk mendukung robot yang dikonfigurasi untuk menavigasi melalui kondisi lingkungan, tulis Facebook seperti dilansir Ridepart.

Berita Terkait
hitlog-analytic