Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Proses Pembangunan Sirkuit Mandalika Kembali Diprotes Warga

Sirkuit Mandalika
Sumber :

100kpj – Pembangunan sirkuit Mandalika kembali menuai protes dari warga setempat, warga protes terkait masalah sengketa tanah yang termasuk ke dalam pembangunan sirkuit Mandalika yang jadi lokasi digelarnya MotoGP Indonesia.

Warga protes sebab pembebasan lahan di lintasan sembilan sirkuit Mandalika di Lombok dilakukan sebelum warga menerima surat eksekusi dari Pengadilan Negeri Praya atas sengketa lahan.

Akibatnya proses pembebasan lahan di lintasan sembilan sirkuit Mandalika kembali mendapat penolakan dari warga, sejumlah warga melakukan protes dan menghadang alat berat, yang diturunkan untuk membebaskan tanah di lokasi tersebut.

Salah satu warga pemilik lahan, Sibawaeh mengaku tak mau digusur karena belum menerima surat eksekusi dari Pengadilan Negeri Praya atas sengketa lahan miliknya.

Protes di sirkuit Mandalika

"Minta tolong jangan lakukan land clearing dulu, saya keberatan ini, karena belum ada berita acara surat perintah eksekusi dari pengadilan," kata Sibawaeh kepada wartawan. 

Menurutnya, sejarah tanah yang ditempati itu cukup panjang. Tanah itu awalnya milik bapaknya, Amaq Semin, yang membuka lahan itu. Seiring berjalan waktu, bapaknya pernah bersengketa dengan dua orang, yakni Wire Senatane dan Yusuf Umar. Namun, keluarga Sibawaeh kalah atas putusan Mahkamah Agung.

Berita Terkait
hitlog-analytic