Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Hati-hati! Motor Keluaran Terbaru Diklaim Gak Cocok Pakai Pertalite

Pom Bensin
Sumber :

100kpj – Bahan bakar minyak atau BBM yang ada di Indonesia diurutkan berdasar Research Octane Number atau RON yang ada dalam kandungannya. Seperti Pertamax Turbo 98 yang menjadi bbm kelas tertinggi.

Di bawahnya ada Pertamax 92, Pertalite 90 dan RON 88. Premium menjadi yang paling murah karena masih masuk dalam daftar subsidi dari pemerintah.

Sayangnya, emisi yang dihasilkan pun yang paling besar. Kini, masyarakat Indonesia cenderung memilih Pertalite karena selisih harganya yang tak jauh dan kualitasnya sedikit lebih baik.

SPBU Pertamina

Tapi ternyata, BBM jenis Pertalite sebenarnya sudah tak ideal lagi untuk kendaraan motor keluaran terbaru. Hal tersebut disampaikan oleh Ahli Konversi Energi Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung, Tri Yuswidjajanto Zaenuri.

“Sepeda motor yang diproduksi saat ini sudah menganut emisi Euro 3 dengan RON 91, sementara mobil sejak 2018 sudah memakai standar Euro 4 dengan RON minimum 91 juga,” ujarnya saat acara webinar dengan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), seperti dikutip dari VIVA Otomotif Rabu 18 November 2020.

Dengan adanya standar tersebut, maka Pertalite yang memiliki RON 90 tidak lah cocok. Agar sesuai dengan spesifikasi mesin, maka BBM yang digunakan pun kualitasnya harus baik, minimal Pertamax.

Berita Terkait
hitlog-analytic