Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Inilah Penentu Jalannya Vokasi di Masa Pandemi

Kontes Kreativitas Mengajar Online 2020.
Sumber :

100kpj – Pandemi membuat semua orang berusaha adaptif dengan keadaan. Salah satu bentuknya proses belajar mengajar daring di dunia vokasi otomotif.  Jika di kondisi normal bisa belajar dan praktik langsung di workshop, kini hal itu menjadi sesuatu yang susah dilakukan.

Dunia vokasi pun butuh penentu di tengah keterbatasan belajar siswa di masa pandemi. Abdul Maukup guru SMK Negeri 2 Kuripan, Nusa Tenggara Barat berupaya beradaptasi dan mempersiapkan diri dengan maksimal menghadapi proses belajar mengajar di masa pandemi ini.

Dalam keseharian, dia biasa mengajar materi teknik dan bisnis sepeda motor melalui teori di kelas dan praktik di workshop sekolah dengan peralatan yang berkaitan langsung dengan sepeda motor. Namun dalam kondisi pandemi seperti saat ini, Abdul Maukup melakukan hal yang berbeda.

Dia menyiapkan materi dan strategi khusus untuk mengajar. Sesekali dirinya berlatih berbicara di depan cermin, mengatur intonasi suara, melakukan gerakan-gerakan efektif sambil memperlihatkan materi ajarnya.

“Murid-murid hanya melihat saya dalam satu kotak kecil. Supaya mereka tetap tertarik, saya berusaha belajar berbicara di depan cermin, seolah-olah cermin itu frame saya saat mengajar,” ujar Abdul Maukup.

Usaha dan kreativitas Abdul Maukup dalam mengajar di masa pandemi ini, membuat PT Astra Honda Motor (AHM) terdorong untuk membuka sebuah tantangan sekaligus apresiasi kepada guru-guru SMK yang berkreasi dalam mengajar.  Berbekal 682 SMK binaan di seluruh Indonesia yang memiliki 3.462 guru produktif, AHM pun menggelar Kontes Kreativitas Pembelajaran Online.

Dimulai sejak bulan Agustus, sebanyak 682 guru dari SMK yang menerapkan kurikulum Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda mengikuti kompetisi di tingkat regional yang diselenggarakan Main Dealer sepeda motor Honda di tingkat provinsi. 

Berita Terkait
hitlog-analytic