Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Apakah Akhirnya Menteri Luhut Akan Melarang Warga untuk Mudik?

Luhut Binsar
Sumber :

100kpjMudik Hari Raya Idul Fitri memang menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia, yang dilakukan setiap tahun. Namun tahun ini, karena ada penyebaran virus corona sehingga ada wacana jika mudik pada Lebaran tahun 2020 tidak dilakukan.

Artinya masyarakat harus menahan diri untuk tidak pulang ke kampung halamannya, agar penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, China ini tidak semakin menyebar luas di Indonesia. Namun hingga saat ini pemerintah hanya mengmenghimbau agar masyarakat tidak mudik.

Berdasarkan hasil sementara rapat terbatas yang pernah dilakukan pemerintah, diputuskan memang tidak ada aturan yang melarang masyarakat untuk mudik ke kampung halaman. Namun pemerintah hanya akan mengendalikan mekanisme dan proses mudik itu, agar tidak menjadi media penularan virus corona di kampung halaman para pemudik.

Mudik naik motor.

Namun, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi memastikan, pihaknya akan segera menyusun skema pelarangan mudik. Itu dengan catatan, apabila kebijakan itu benar-benar dipilih pemerintah sebagai opsi menangkal penyebaran virus corona.

"Kalau (wacana) mudik dilarang, itu sedang ditunggu. Pak Luhut (Menteri Perhubungan Ad Interim) minta kepada dirjen kalau sampai ada mudik dilarang, skema kita seperti apa," kata Budi.

Lebih lanjut Budi menjelaskan bahwa penyusunan skema larangan mudik tidak hanya mencakup semua moda transportasi, bahkan larangan juga akan membidik kendaraan pribadi. "Jadi nanti masing-masing (direktorat) memaparkan semua moda, termasuk kendaraan pribadi," ujarnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic