Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kenapa Sih Ban Motor dan Mobil Itu Warnanya Hitam?

Ban Mobil
Sumber :

100kpjBan merupakan salah satu komponen yang penting dalam kendaraan, selain itu ban juga punya berbagai macam fungsi. Nah, secara umum fungsi utama dari bah adalah untuk meredam guncangan, makanya tekanan angin dan tipe ban (radial/bias) sangat berpengaruh dalam meredam guncangan awal, sebelum diredam oleh suspensi.

Fungsi lainnya adalah ban bergua untuk meneruskan gaya gerak dan pengereman ke permukaan jalan, hal ini berkaitan dengan kinerja traksi yang berhubungan dengan pattern atau kembangan ban.

Selain itu, fungsi ban juga sangat penting dalam mengontrol arah kendaraan, hal ini akan menentukan kemampuan bermanuver dan kestabilan dalam berkendara. Namun seiring berjalannya waktu penggunaan, kembangan ban tersebut akan habis makanya segera ganti ban jika kembangannya sudah gundul.

Sementara fungsi lain dari ban adalah sebagai penahan beban, hal ini berkaitan erat dengan ukuran berat kendaaran bermotor yang memiliki beberapa komponen mulai dari beban beberapa komponen mobil dan motor hingga beban para pengendara dan penumpang itu sendiri. 

Dari sekian banyak fungsi ban, yang membuat penasaran adalah mengapa ban warnanya hitam? Padahal getah karet yang menjadi bahan baku sebuah ban warnanya tidak hitam. Seperti dilansir dari The News Wheel mengapa ban warnanya bisa menjadi hitam karena pada saat pembuatan terdapat bahan campuran yaitu karbon hitam, selain karbon bahan dasar lainnya adalah karet alam atau sintetis, kawat, dan masih banyak lagi.

Ban warna hitam

Pencampuran bahan karbon ini juga ada sejarahnya, awalnya ban menggunakan seng oksida. Namun seiring dengan langkanya bahan, tahun 1917 ditambahkanlah karbon pengganti seng oksida.

Berita Terkait
hitlog-analytic