Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Sepenting Apa Sih Lampu Hazard pada Sepeda Motor?

Naik Motor di Siang Hari dalam Kondisi Lampu Menyala
Sumber :

100kpj – Motor-motor keluaran terbaru banyak yang sudah disertakan dengan lampu hazard sebagai nilai jualannya. Namun, apa fungsi sebenarnya dari lampu hazard tersebut, dan apakah penting?

Dilansir dari situs resmi Suzuki, lampu harzad memang cukup penting pada kendaraan roda empat. Dasar dari penggunaan lampu hazard adalah tanda bahwa kendaraan roda empat sedang dalam situasi darurat.

Baca Juga:
Seperti di China, Motor Mau Dilarang Lewat Jalan Raya Kecuali Moge

Rossi Aneh Marquez Teken Kontrak Panjang Bersama Honda

Selain Rangka, Ini Perbedaan Mesin Nmax Terbaru dan Nmax Lama

Viral Mobil-mobil Joget TikTok, Pengemudi Akhirnya Minta Maaf

Seperti mogok di tengah jalan yang mengharuskan pengendara tersebut untuk minggir ke jalan untuk melakukan pengecekan pada mesin yang bermasalah. Bisa juga kendaraan tersebut mengalami pecah ban yang mengharuskan untuk di ganti di tempat kejadian atau dijalan.

Dalam insiden seperti itu, wajib bagi si pemilik kendaraan untuk menyalakan lampu harzard serta meletakan segtiga pengaman. Hal ini memang sudah ada aturannya, dalam undang-undang No 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, Pasal 121 ayat 1.

Di mana,  yang berbunyi Setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau parkir dalam keadaan darurat di jalan.

Nah, bagaimana dengan kendaraan roda yang saat ini masih belum jelas kegunaannya. Bila motor mogok, si pemilik paling bisa menepikan motor tersebut ke pinggir jalan.

Bahkan menaikannya ke trotoar agar tidak mengganggu pengendara lainnya. Dengan kata lain penggunaan lampu hazard ini masih belum terlalu penting untuk sepeda motor karena perbedaan kepentingan serta darurat antara mobil dan motor.

Lampu hazard di sepeda motor juga banyak di salah gunakan oleh pengendaranya, menggunakan lampu hazard ini sebagai tanda bahwa rombongan atau komunitas yang sedang dijalan raya harus mendapat jalannya dengan mulus.

Ini tentu bertolak belakang dengan kegunaan lampu hazard yang sesungguhnya bukan?. Namun kembali lagi ke anda apakah menurut anda lampu hazard ini cukup penting dipasangkan di motor atau tidak dan bagaimanapun tetap safety riding dijalan raya.

Berita Terkait
hitlog-analytic