Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Soal Motor Listrik, Yamaha Tak Mau Cuma Sekedar Ikut Tren

Logo Yamaha
Sumber :

100kpj – Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yerus mencoba memberikan pemahaman kepada masyarakat akan kendaraan listrik, sembari mempersiapkan infrastrukturnya. Menurut, Yamaha peralihan ini dinilai akan mirip dengan kehadiran motor matik pada awal tahun 2000-an.

"Sama seperti saat motor matik pertama kali muncul. Image pertama kali itu kan, orang pada bilang wah susah ganti ban. Susah nyari ring 12 dan 13. Motor kok gak ada giginya, gimana kalau nanjak kuat atau enggak. Gitu-gitulah," ujar Manager Public Relation PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro.

Baca Juga:
Yamaha Luncurkan Aplikasi yang Manjakan Pengguna Nmax Terbaru

Rossi dan Vinales Suntik Mental Tim Balap Yamaha Indonesia

Janji Marquez di Indonesia: Pertahankan Gelar Juara Dunia MotoGP

Menurutnya, pemahaman akan kendaraan listrik itu sangat penting. Karena mengubah kebiasaan orang yang relatif sudah nyaman dengan line up sepeda motor saat ini, maka itu Yamaha tak mau hanya sekedar ikut tren.

"Suatu saat kita akan sampai ke tahap itu, tapi butuh waktu. Jadi tidak sekadar ikut tren. Kita harus belajar habit konsumen dan itu gak gampang,"ujarnya.

Kita harus tahu, kata Anton bagaimana kendala pengguna sepeda motor listrik. Apasaja dan bagaimana mengatasinya. "Kalau mereka pakai terus bermasalah, itu bisa jadi bumerang," lanjut pria berkacamata ini.

Walau begitu, Anton menegaskan bila Yamaha sudah mempersiapkan teknologi untuk motor listrik. Seperti halnya Yamaha E-Fino yang diluncurkan beberapa tahun lalu dan kini masih dipelajari di sejumlah universitas sebagai bagian dari proses pengembangan.

"Kalau bicara teknologi kita sudah siap. Tinggal tunggu waktu. Soal E-Fino, kita masih study lah untuk persiapan memasuki itu, banyak hal yang harus dipertimbangkan," paparnya.

Yang menjadi pertimbangan bagi Yamaha, tak lain adalah persoalan infrastruktur, seperti SPKLU dan lokasi-lokasinya. Selain itu, aturan turunan atau peraruran yang lebih detail terkait sepeda motor listrik. Termasuk juga soal pengunaan jenis baterai dan sebagainya.

Berita Terkait
hitlog-analytic