Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Teknologi Canggih di Motor Kawasaki Bikin Geleng-geleng Kepala

Kawasaki ZX-25R resmi diperkenalkan.
Sumber :
KMI

100kpj – Teknologi yang dipakai pada sepeda motor nantinya akan semakin canggih, pasalnya teknologi tersebut nantinya akan tertanam pada fitur sepeda motor, yang bisa membuat pengendaraanya lebih mudah megendarai, dan lebih aman, bahkan besar kemungkinan sepeda motor pun akan menggunakan teknologi canggih dan modern yang terdapat pada mobil mewah. 

Seperti adaptive cruise control yang dapat membuat mobil berjalan konstan seperti cruise control, namun setelah menemukan kendaraan lain di depan, sistem menurunkan kecepatan hingga menguntit sesuai jarak yang ditentukan. 

Jadi jika teknologi cruise control itu hanya dapat membuat mobil berjalan konstan, sedangkan adaptive cruise control ada hal lain yang diatur, yaitu jarak antar mobil pengemudi dengan kendaraan di depan,

Jika kendaraan di depan keluar jalur, maka kecepatan kembali ke batas awal. Kerja adaptive cruise control mengandalkan radar untuk mendeteksi kendaraan lain. Beberapa mobil menggunakan dua radar untuk menganalisa jarak pendek dan jauh sampai sekitar 180 m. 

Radar selalu bekerja, memberikan input kepada sistem elektronik mobil untuk mengatur bukaan gas, transmisi, manajemen tenaga mesin,dan pengereman. Sistem memberikan peringatan jika radar menyadari potensi kecelakaan via cahaya dan klakson.

Nah pada sepeda motor, adaptive cruise control yang merupakan teknologi pengendali kecepatan dan jarak antar kendaraan tersebut, rencananya akan diaplikasi oleh tiga pabrikan yaitu Ducati, KTM dan Kawasaki.

 Seperti dilansir dari Bennets, rencananya Kawasaki akan bekerja sama dengan Bosch yang merupakan perusahaan teknologi asal Jerman. Bahkan Kawasaki telah mematenkan sistem baru untuk adapative cruise control dengan menggunakan kamera, jadi bukan pakai radar yang banyak diaplikasi pada mobil.

Berita Terkait
hitlog-analytic