Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pantas Macet Melulu, Jumlah Motor di RI Separuh Populasi Penduduk

Kemacetan Lalu Lintas di Jakarta akibat Sepeda Motor
Sumber :

100kpj – Sepeda motor merupakan jenis kendaraan paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Kondisi lalu lintas yang padat, ditambah mahalnya harga mobil, membuat banyak orang lebih memilih kendaraan roda dua tersebut.

Efeknya, terjadi pembengkakan jumlah motor yang signifikan. Dari tahun ke tahun, pertumbuhannya selalu meningkat. Hal ini, membuat banyak orang bertanya-tanya, berapa jumlah keseluruhan sepeda motor di Indonesia?

Baca juga: Jangan Sampai Nyesel, Bonceng Anak di Depan Bisa Kena Denda Rp250 Ribu

Berdasarkan data yang dihimpun dari Badan Pusat Statistik (BPS), dikutip Kamis 23 Januari 2020, hingga penghujung 2018 lalu, jumlah sepeda motor di Tanah Air mencapai 137,7 juta unit. Sedang data AISI mencatat pada 2019 ada 6,05 juta unit kuda besi terjual ke konsumen. Artinya secara keseluruhan, saat ini ada sekira 143,75 juta motor yang beredar di Indonesia.

Jakarta macet

Sebagai tambahan informasi, populasi penduduk di Tanah Air pada Juli 2019 adalah 268 juta. Angka kepemilikan motor yang mencapai 143,75 juta menandakan, jumlah kendaraan roda dua tersebut sudah melebih separuh dari jumlah penduduk Indonesia.

Menariknya, di DKI Jakarta saja, jumlah sepeda motor pada 2018 lalu terhitung ada 14,7 juta unit. Sedang yang berlalu lalang di jalanan ibu kota mencapai  13,3 juta sepeda motor atau 73,9 persen dari total keseluruhan pengguna jalan. Maka tak heran, jika banyak titik di Jakarta yang kerap macet lantaran dipenuhi motor yang berseliweran.

Berita Terkait
hitlog-analytic