Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Penjualan Mobil Malaysia Proton Mulai Strong: Kami Menguat Lagi

Proton.
Sumber :
Ist

100kpj – Pada Desember lalu, muncul data yang menyebut jika Proton kembali menguat dalam hal penjualan selama 2019. Hal ini ternyata bukan bualan belaka, sebab Chief Executive Officer Proton Li Chunrong telah mengkonfirmasinya.

Kata dia, Proton telah kembali ke profitabilitas di 2019. Kepastian itu disampaikan Li kepada media otomotif Malaysia, Paultan, dikutip Selasa 21 Januari 2020.

Li mengatakan Proton benar-benar kembali strong lantaran didorong oleh penjualan domestik yang kuat selama 2019. Namun, sejauh ini dia belum mengungkap angka secara detail, mengingat Proton adalah bagian dari DRB-Hicom, yang merupakan perusahaan publik.



Angka tahunan spesifiknya, kata dia, akan dirilis dalam waktu dekat. Pihaknya harus menunggu DRB-Hicom lantaran, mereka telah mengubah akhir tahun keuangannya dari 31 Maret menjadi 31 Desember.

Sebelumnya, Proton sudah mengatakan kalau di 2019, performa jualan mereka sangat baik. Perusahaan mengumumkan mereka bisa menjual 100.821 unit (domestik plus ekspor) tahun lalu. Angka ini meningkat 55,7 persen dari penjualan di 2018. Dengan angka penjualan tersebut, praktis Proton memiliki pangsa pasar keseluruhan 16,7 persen, tertinggi sejak 2014.

Li mengatakan, untuk tahun 2020 ini, pihaknya bakal menargetkan penjualan minimum 132.000 unit, yang akan menjadi lompatan 32 persen. Li juga mengatakan kalau Proton berupaya menduduki puncak tangga penjualan di lima segmen yang berbeda tahun ini.

Meskipun dia tidak menyebutkan segmen mana yang ingin dipimpin oleh Proton, Li mengatakan bahwa perusahaan telah berada di atas sejumlah segmen selama tahun 2019. Khususnya, X70 yang telah memimpin segmen SUV C premium.



Sementara Exora saat ini berada di puncak pasar MPV C-segmen. Di tempat lain, Saga juga memimpin pasar sedan segmen-A di beberapa poin tahun lalu, dan akan melanjutkan persaingan dengan Perodua Bezza yang baru saja di facelift tahun ini.

Baca Juga: Innova Tahun 2019 Diskon Gede, Kortingnya Tembus Segini

Berita Terkait
hitlog-analytic