Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Gerimis Lebih Bikin Motor Mudah Jatuh Ketimbang Hujan Deras

Naik Motor saat Hujan
Sumber :

100kpj – Hujan yang terus mengguyur beberapa wilayah di Indonesia, seperti Jabodetabek, memaksa pengendara motor untuk lebih berhati-hati. Sebab, kondisi jalan tidak seperti biasanya dan risiko kecelakaan makin besar.

Seperti dilansir dari Wahana Honda, air yang ada di atas aspal membuat ban tidak menempel sempurna, sehingga bisa saja selip dan tergelincir. Bahkan, tidak sedikit pemotor yang jatuh ketika hujan turun.

Namun jika diperhatikan kebanyakan kecelakaan terjadi justru saat air mulai turun dari langit. Gerimis disebut berpotensi membuat ban motor kurang mencengkeram aspal, ketimbang hujan deras.

Hal itu ternyata ada alasannya. Dalam kondisi kering, pori-pori aspal terisi oleh berbagai macam kotoran. Mulai dari pasir, hingga zat kimia seperti minyak dan oli yang bocor.

Partikel gas buang kendaraan bermotor, juga bisa menempel di aspal dan terlindas oleh ban, sehingga masuk ke dalam rongga aspal. Semua kotoran ini yang jadi sumber kecelakaan.

Ketika hujan mulai turun, air akan membuat kotoran itu naik ke permukaan. Jalanan jadi kotor, pasir dan minyak membuat permukaan aspal licin.

Ketika gerimis, pengendara motor cenderung melaju lebih cepat, karena ingin segera tiba di tujuan dan tidak mau kebasahan. Dikombinasikan dengan jalanan yang licin akibat kotoran mulai naik, maka potensi kecelakaan semakin besar.

Tips Aman Saat Hujan

Periksa kondisi tekanan udara dalam ban dan kedalaman alur ban secara rutin minimal seminggu sekali. Kondisi tekanan ban yang cukup dan alur ban yang masih baik akan menghindari kendaraan anda melayang di atas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip) pada saat hujan. Jangan mengambil risiko dengan menggunakan ban yang sudah tipis.‬

Kurangi kecepatan Anda dalam mengendarai kendaraan karena pada saat hujan karena permukaan jalan licin akibat dari bercampurnya oli dengan air agar ban anda tidak tergelincir (slip). Mengemudikan kendaraan dalam kodisi kecepatan rendah akan membuat alur ban kendaraan Anda lebih banyak bersentuhan langsung dengan aspal dan membuat daya cengkaram ban lebih baik.‬

Jangan sembarang menerobos genangan air karena kita tidak tahu kedalamannya, hal ini bisa mengakibatakan kendaraan Anda mogok atau terperosok ke dalam lubang yang mungkin ada di dalamnya genangan air tersebut.‬

Berita Terkait
hitlog-analytic