Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Sama-sama Pakai Baterai, Apa Sih Bedanya Motor dan Sepeda Listrik?

Sepeda Listrik
Sumber :

100kpj – Demi menjaga kualitas udara di dunia, banyak pabrikan mulai rajin membuat kendaraan bertenaga listrik, mulai dari mobil, motor, bahkan hingga sepeda. Namun, untuk dua nama terakhir, masyarakat masih sulit membedakannya lantaran ada beberapa kesamaan karakter serta fungsi.

Secara bentuk, sepeda dan motor listrik punya tampilan yang serupa, yakni beroda dua dengan dudukan jok serta setang kemudi sebagai alat kendalinya. Hal yang sama sebenarnya juga ditemukan pada sepeda dan motor bertenaga bensin. Akan tetapi, untuk kasus ini, tingkat kemiripannya jauh lebih tinggi.

Baca juga: Alasan Kuat Motor Listrik Belum Juga 'Booming' di Indonesia

Sebab, motor listrik dibuat lebih mungil dan ringkas dari motor konvensional. Selain itu, penggeraknya juga menggunakan baterai, persis seperti sepeda listrik. Lantas, sebenarnya apa yang menjadikan keduanya berbeda, baik secara karakter maupun fungsi?

sepeda listrik

Komisioner utama PT Indo Jaya Motor Electric, purnawirawan Irjen Pol Setyo Wasisto menyebut, salah satu cara paling mudah mengenali perbedaan motor dan sepeda listrik ialah melalui pedalnya. Kata dia, meski sama-sama berpenggerak baterai, namun fungsi utama sepeda tetaplah digoes.

Selain itu, ia menambahkan, perbedaan lainnya terletak pada ‘jaket’ kendaraan. Artinya, sepeda listrik umumnya dibuat lebih telanjang dan terbuka, bahkan ada yang masih dalam wujud rangka, sedangkan motor listrik sudah tertutup sepenuhnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic