Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Media Jepang Ungkap Sosok Skutik Bongsor Terbaru Honda

Sketsa Forza terbaru.
Sumber :
Ist

100kpj – Media asal Jepang baru-baru ini membuat laporan anyar seputar senjata yang tengah disiapkan Honda. Pabrikan roda dua berlogo sayap mengepak ini dikabarkan tengah menggarap skutik bongsornya, yakni Forza.

Forza yang dimaksud adalah versi penyegaran dari model yang dipasarkan di Indonesia saat ini. Menurut situs otomotif Jepang, Kojintekibikematome, dikutip Sabtu 11 Januari 2020, Forza terbaru akan mendapat sejumlah penyegaran berarti.

Salah satunya adalah bagian dapur pacu alias mesin yang dikatakan bakal tergres. Bukan cuma edisi 250cc-nya saja, sebab edisi 300cc yang dipasarkan untuk pasar Eropa juga turut mendapat penyegaran.



Sejauh ini sketsa paten dari mesin terbaru Forza sudah dirilis Honda, di mana akan ada sistem katup variabel VTEC yang turut dibenamkan. Sistem katup anyar ini sengaja dipasang agar akselerasinya menjadi lebih lancar di semua zona kecepatan, baik saat kecepatan rendah hingga tinggi.

Isu penggunaan VTEC sendiri untuk mengikuti standar emisi Euro 5, yang akan berlaku tahun 2021 nanti. Postingan ini juga memperlihatkan beberapa gambar paten, soal konfigurasi mesinnya.



Terlihat di gambar, ada 2 sistem rocker arm, yang menandakan camshaft-nya punya 2 profil, mirip VVA-nya NMAX. Rocker arm ini akan bergerak, mengikuti perintah ECU ketika masuk putaran mesin tertentu. Selain Honda Forza, isu penggunaan katup variabel VTEC juga konon, akan muncul di Honda CBR1000RR Fireblade 2021 nanti.



Diprediksi Honda Forza 250 terbaru ini akan dipersiapkan untuk segera hadir di pasar Jepang dan Indonesia, serta pasar internasional.

Namun bagi para penggemarnya mesti bersabar, sebab baru akan dirilis pada 2021 mendatang. Diperkirakan peluncurannya akan memanfaatkan ajang Tokyo Motor Show atau Eicma Milan motor show.

Baca Juga: Motor Listrik Lokal Elvindo Resmi Buka Pabrik di Tangerang

Berita Terkait
hitlog-analytic