Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ngerinya Orang Indonesia, Beli Motor Bukan Lagi Soal Fungsi dan Harga

Komunitas Motor Kawasaki Ninja 250
Sumber :

100kpj – Konsumen sepeda motor di Indonesia merupakan salah satu yang terunik di dunia. Sebab, kebanyakan dari mereka membeli tunggungan bukan berdasarkan pertimbangan harga, melainkan tampilan serta merek yang telah dipercaya kualitasnya.

Belum lama ini, 100KPJ sempat berbincang dengan Marketing Manager PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) divisi roda dua, Banggas Pardede di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Ia mengatakan, mempelajari minat konsumen di Indonesia terbilang sulit, mengingat keputusan mereka membeli motor lebih dominan pada pertimbangan emosional.

“Konsumen di Indonesia itu sangat unik. Kenapa? Karena, harga bukan lagi menjadi isu dan pertimbangan utama bagi mereka. Kami sudah mempelajarinya dan sampai ke satu kesimpulan bahwa kepuasan produk jauh lebih penting,” ujar Banggas kepada 100KPJ.

Suzuki Katana

Ia memberikan satu contoh, bahwa di India, motor sport dengan teknologi mesin Single Over Head Camshaft atau SOHC masih banyak diminati pembeli. Namun, ketika membawanya masuk ke Indonesia dengan harga lebih murah, konsumen tak meliriknya.

“Jadi kalau mereka (konsumen di Indonesia) sudah ragu dengan kualitas motor, meski ditawari dengan harga murah, tetap saja tak diminati,” kata dia.

Baca juga: Polemik Pelebaran Trotoar di Jakarta, Sering Dijadikan Lahan Parkir

Berita Terkait
hitlog-analytic