Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Motor Bebek di Indonesia Cuma Tinggal Menunggu Tamat

Motor Bebek Bekas
Sumber :

100kpj – Di awal kemunculannya, motor bebek menjadi jenis tunggangan yang paling banyak diminati masyarakat Indonesia. Namun, seiring kehadiran skuter matik, motor yang dikenal irit itu perlahan ditinggalkan. Bahkan, sepanjang 2019 lalu, tak satupun merek asal Jepang yang meluncurkan produk baru di segmen tersebut.

Melalui penelusuran 100KPJ dari berbagai sumber, Selasa 7 Januari 2020, selama setahun lalu, jenama besar asal Negeri Sakura seperti Honda, Yamaha, dan Suzuki, hanya melakukan penyegaran terhadap motor bebek yang sudah ada. Buruknya lagi, pembaruan itu hanya bersifat minor dan menyentuh bagian warna serta aksen tambahan saja.

Motor bebek Honda.

Padahal, di negara tetangga, seperti Malaysia, Vietnam, dan Thailand, penjualan bebek masih terbilang stabil. Bahkan, menurut laporan Paultan, salah satu penjualan terbaik Yamaha di Negeri Malaya ialah motor bebek. Lantas, mengapa di Tanah Air bisa sedemikian anjloknya?

Baca juga: Motor NMAX yang Dipakai Umroh ke Mekkah Dijual, Yakin Ada yang Mau?

Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor atau AHM sebagai agen pemegang merek motor Honda di Indonesia, Thomas Wijaya pernah menyebut, ada perbedaan kultur antara konsumen di Tanah Air dan negara lain di kawasan Asia Tenggara. Itulah mengapa, saat disinggung mengenai peluncuran bebek baru, ia terkesan masih ragu.

“Di negara lain—Vietnam misalnya, motor bebek masih digemari. Tapi itu mereka, bukan kita (Indonesia), ada perbedaan pasar terutama mengenai minat konsumen serta kultur,” ujarnya di Medan, Sumatera Utara, beberapa waktu lalu.

Berita Terkait
hitlog-analytic