Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kota Ini Tetap Ngotot Mengharamkan Skuter Listrik

Skuter Listrik Grabwheels
Sumber :

100kpj – Saat beberapa kota di belahan dunia tengah antusias menyambut kehadiran kendaraan-kendaraan listrik dengan pertimbangan lebih ramah lingkungan, langkah berbeda dibuat Gubernur negara bagian New York, Andrew Cuomo. Sang gubernur justru memveto RUU untuk melegalkan sepeda listrik dan skuter listrik.

Seperti yang dilansir dari Theverge, Jumat 27 Desember 2019, Andrew Cuomo memveto rencana untuk melegalkan sepeda listrik dan skuter listrik tersebut karena alasan keselamatan. Terlebih dengan tak ada aturan yang mengikat untuk penggunaan helm untuk dua kendaraan tersebut. Ditambah dengan kepadatan lalu lintas Kota New York.

Baca juga: Viral Pengendara Skuter Listrik Gunakan Bangku Tukang Bakso

Hak Veto dari sang gubernur ini tentu juga menjadi kabar buruk bagi beberapa perusahaan pengguna moda transportasi sepeda listrik dan skuter listrik seperti Lime dan Bird. Padahal selama ini, para pekerja mereka banyak yang menggunakan dua moda transportasi tersebut karena dianggap lebih ekonomis dan efektif.

Skuter Listrik Grabwheels

Foto: Skuter Listrik

Sebenarnya RUU untuk melegalkan sepeda listrik dan skuter listrik ini telah disahkan dan mendapat dukungan mayoritas dari Senat Negara Bagian New York pada Juni lalu. Namun Veto sang gubernur untuk mengharamkan sepeda listrik dan skuter listrik telah membuyarkan semuanya.

Dan bisa ditebak, Veto dari Gubernur Andrew Coumo ini langsung menuai kritikan dari beberapa kalangan. Termasuk oleh Nily Rozic, seorang anggota senat. Menurut Rozic, Veto dari Cuomo ini sebagai sesuatu yang menghancurkan rasa keadilan.

Masih menurut Rozic, ilegalnya dua moda transportasi tersebut tentu akan membuat para pekerja termasuk kurir jasa pengiriman akan terancam denda dalam kerjanya sehari-hari. Dengan kata lain, akan terjadi kucing-kucingan antara pekerja dan petugas.

Sepeda listrik besutan Yamaha.

Foto: Sepeda Listrik

Phil Jones, seorang direktur di perusahaan Lime menyebutkan kabar berita tersebut dianggapnya mengecewakan. Namun ia mengaku tetap harus menerima dengan catatan sang gubernur benar-benar memberikan solusi guna mendukung mobilitas para pengguna dua moda transportasi tersebut.

Baca juga:

Berita Terkait
hitlog-analytic