Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Sejarah Honda: Total Produksi 400 Juta Motor, Super Cub Terbanyak!

Ilustrasi booth Honda Motor
Sumber :

100kpj – Pernahkah terpikir berapa banyak Honda telah memproduksi sepeda motor hingga saat ini? Ternyata, pabrikan sepeda motor kondang asal Jepang ini total telah memproduksi sebanyak 400 juta unit kendaraan sepanjang sejarahnya.

Ya, tak dipungkiri jika merek Honda memang telah melahirkan banyak kendaraan-kendaraan roda dua yang legendaris. Produk-produknya juga telah menjajah hampir semua negara di belahan dunia ini.

Tak heran jika total unit yang diproduksinya telah mencapai 400 juta terhitung sejak tahun 1949 dimana saat itu Honda pertama kali melahirkan Dream D-Type. Pencapaian yang fantastis!

Pabrik AHM produksi PCX.

Foto: Pabrik Honda

Salah satu motor yang sukses menjadi yang terlaris dalam sejarah panjang perjalanan Honda Motor adalah Super Cub. Dilansir Super Cup menjadi motor yang paling banyak diproduksi Honda hingga saat ini. Bahkan menjadi yang paling banyak dibandingkan produk merek lainnya.

"Honda telah terbukti menyediakan sepeda motor untuk memudahkan aktivitas serta dapat dinikmati oleh konsumen di seluruh dunia," kata CEO Honda Motor Co, Takahiro Hachigo, beberapa waktu lalu.

Pencapaian fantastis Honda secara global tersebut tentu tak hanya lewat produk-produk legendarisnya. Faktor lain yang mempengaruhi adalah persebaran fasilitas pabriknya yang tersebar di beberapa negara termasuk Indonesia.

Pabrik Honda tengah merakit skutik Beat.

Foto: Pabrik Honda

Dari keterangan resmi Honda, total produksi global fasilitas pabriknya pada April 2018 sampai Maret 2019 saja sudah mencapai angka 20,82 juta unit. Gila bukan?

Kontribusi terbesar produksi sepeda motor Honda secara global dimiliki fasilitas pabrikan di India, dengan kemampuan produksi hampir 5,9 juta unit. Angka tersebut menyumbang bagian 28,2 persen angka produksi global.

Honda Super Cub C125 Modifikasi

Foto: Super Cub

Baru yang kedua menjadi milik pabrikan Honda di Indonesia dengan kapasitas produksi 5,16 juta unit dalam periode yang sama. Disusul Honda Vietnam dan Thailand yang tentu juga masuk lima besar dalam daftar.

Berita Terkait
hitlog-analytic