Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Menhub Himbau Tidak Melakukan Perjalanan ke Luar Kota Pakai Motor

Mudik dengan motor.
Sumber :

100kpj – Musim libur Natal dan tahun baru akan tiba, tak jarang sepeda motor digunakan sebagai sarana transportasi untuk memeriahkan liburan Natal dan tahun baru, serta tidak sedikit pula yang membawa keluarganya menggunakan motor.

Melihat potensi akan banyaknya para pemotor yang akan menggunakan sepeda motor ke luar kota, untuk mengisi kegiatan libur Natal dan tahun baru, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta kepada para pemotor, untuk tidak melakukan perjalanan ke luar kota menggunakan sepeda motor.

“Kami juga terus berkoordinasi dengan Polri untuk melakukan imbauan dan pelarangan kepada masyarakat agar tidak melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan sepeda motor karena sangat rentan mengalami kecelakaan dan 70 persen angka kecelakan merupakan kecelakaan motor,” ungkap Budi yang dilansir dari laman resmi Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Mudik naik motor.

Lebih lanjut Budi berharap bahwa agar masyarakat yang akan melakukan perjalanan ke luar kota, untuk beralih dari yang sebelumnya menggunakan sepeda motor mencoba untuk menggunakan bus atau kereta api.

Makanya sebagai upaya untuk menurunkan jumlah sepeda motor, Kemenhub telah menggelar program Mudik Gratis sebanyak 55 bus bagi 2.475 penumpang dengan tujuan Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. Selain itu, Menhub juga mengatakan bahwa angka penjualan tiket kereta api baru mencapai 57%, jadi masyarakat bisa memanfaatkan angkutan massal yang masih tersisa.

Sementara itu, yang menjadi perhatian Menhub adalah terkait kelaikan bus-bus Pariwisata. Menurut Menhub, pengawasan bus-bus pariwisata tidak mudah dilakukan karena memiliki banyak pool yang tersebar. Untuk itu, Menhub telah berkoordinasi dengan Polri bersama Dinas Perhubungan di daerah agar dilakukan random check terhadap bus-bus pariwisata yang tidak laik, atau belum dilakukan ramp check, untuk kemudian dilakukan law enforcement dan penertiban. Menhub juga meminta untuk disiapkan subsitusi dengan beberapa bus di tempat-tempat tertentu.

Berita Terkait
hitlog-analytic