Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Skuter Matik Qooder Punya 4 Roda, Bagaimana Cara Kerja Remnya?

Skuter Matik Qooder
Sumber :

100kpj – Skuter matik asal Swiss yang diproduksi di Taiwan, Qooder, secara resmi dirilis di Indonesia. Satu hal yang membedakan motor ini dengan motor pada umumnya, ialah rodanya yang berjumlah empat.

Skutik unik ini hadir dengan beragam fitur menarik, salah satunya suspensi Hydraulic Tilting System atau HTS. Sistem ini sudah terdapat pada keempat roda Qooder. Komponen ayun tersebut memungkinkan tiap rodanya bergerak melakukan peredaman secara individual. Artinya, suspensi HTS bisa naik dan turun secara terpisah saat dikendarai.

Skuter Matik Qooder

Selain itu, Qooder juga telah dilengkapi sistem pengereman anti-lock breaking system atau ABS. Demi menjaga keselamatan dan kenyamanan berkendara. Sistem pengereman tak hanya berada pada tuas rem dekat stang, melainkan juga terdapat pada pijakan kaki kanan, serta di bagian bawah jok depan.

Qooder

Nah, mungkin banyak dari kalian bertanya-tanya, bagaimana sih cara kerja rem di motor empat roda tersebut? Aftersales Director Gforce Republic, selaku distributor motor Qooder di Tanah Air, Ossy Lontoh menjelaskan, cara kerja pengereman motor itu nyatanya sama saja, yakni tuas kanan untuk pengereman roda depan, serta kiri untuk bagian belakang.

"Itu (tuas rem) bisa mengunci empat roda, persentasenya 50 banding 50, depan-belakang. Tuas kiri juga bisa mengunci suspensi, tapi bukan permanent lock, dia cuma nahan aja," ujar Ossy di bilangan Jakarta Selatan, belum lama ini.

Berita Terkait
hitlog-analytic