Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Yamaha XSR 155 Muncul, Honda Siap Luncurkan Motor Retro di RI?

Honda CB150R ExMotion
Sumber :

100kpj – Pasar motor retro bermesin kecil belakangan sedang diminati konsumen di Tanah Air. Biasanya, peminatnya berasal dari kalangan muda yang baru pertama kali memiliki sepeda motor. Namun, tak sedikit pula konsumen yang membelinya untuk tampil beda, mengingat tunggangan tersebut memiliki identitas yang kental.

Sayangnya, meski pasar motor retro bermesin kecil sedang tumbuh di Indonesia, namun belum banyak pabrikan yang memiliki lini produk di segmen tersebut. Terpantau, hanya ada dua nama yang sudah memasarkan model itu di Tanah Air, yakni Kawasaki, dan yang terbaru, Yamaha.

Kawasaki W175 Tracker

Kawasaki memulainya lebih awal. Pabrikan berjuluk Geng Hijau itu meluncurkan W175 pada 2017 silam. Beragam varian mereka tawarkan, mulai dari Standar, SE, Café, hingga Tracker. Setelah dua tahun menyelam di kolam sendirian, akhirnya mereka harus mau berbagi tempat. Sebab, Yamaha turut menjual motor sejenis dengan nama XSR 155.

Kendati sama-sama menonjolkan nuansa klasik, namun keduanya memiliki DNA yang berbeda. Sebab, konsep yang ditawarkan Kawasaki terhadap W175 adalah pure-heritage, atau tunggangan yang benar-benar klasik, sedang XSR 155 lebih menekankan konsep sport-heritage yang terlihat gagah dan fitur lebih canggih.

Yamaha XSR 155

Menariknya, sejauh ini Honda belum menunjukkan tanda-tanda akan meluncurkan motor baru di segmen tersebut. Padahal, mereka memiliki CB150R ExMotion yang berangkat dari model retro. Namun, produk tersebut baru dipasarkan di Thailand dan Vietnam. Belum ada rencana kapan unitnya akan turut dijual di pasar dalam negeri.

Berita Terkait
hitlog-analytic