Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Canggihnya Fitur TCS di NMAX Terbaru, Biasa Ada di Moge

Yamaha NMAX terbaru.
Sumber :
Ist

100kpj – Baru-baru ini Yamaha merilis NMAX versi terbaru ke pasaran. Motor yang punya banyak loyalis di Tanah Air tersebut mengalami banyak perubahan di sejumlah sektor. Bukan cuma desain, namun sederet fitur kekinian turut alami penyegaran.

Salah satunya adalah fitur canggih TCS. Fitur ini merupakan kepanjangan dari Traction Control System. Menariknya, fitur ini terbilang langka terjejal di motor-motor berkapasitas 150cc.

Nah, tentu banyak dari kalian yang penasaran dengan fitur TCS ini, dan seperti apa fungsi serta cara kerjanya.

Yamaha NMAX versi 2020.


Fitur TCS yang dihadirkan pada NMAX ternyata berfungsi untuk mencegah roda selip saat kondisi jalan kurang baik. Kondisi tersebut biasanya terjadi di medan jalan licin, berpasir dan berbatu.

Nah, dengan fitur terbaru TCS pada NMAX anyar, dipastikan biker tak perlu waswas dan makin meningkatkan rasa aman dan kenyamanan dalam berkendara. Cara kerjanya sendiri, seperti dikutip dalam keterangan resmi Yamaha Indonesia, ketika sedang berkendara Anda menemui jalan yang menyebabkan ban slip, maka speed sensor akan memberikan informasi ke ECU.

Jika putaran roda depan dengan belakang berbeda, maka ECU akan berpikir terjadi slip. ECU nantinya bakal mendelay waktu pengapian, jika slip terlalu besar ECU juga akan mengatur debit bahan bakar injector.

Efeknya mesin akan seperti brebet namun tak sampai mati mesin. Nah kalau sudah melewati jalan yang normal maka mesin pun akan bekerja normal kembali.

Yamaha NMAX TERBARU

Artinya, kecepatan kedua ban kembali sama sehingga motor tak jadi selip. Fitur ini fungsinya mirip dengan ABS, hanya saja jika ABS berfungsi untuk mencegah selip saat mengerem, fitur TCS berfungsi sebaliknya yakni untuk mencegah selip saat motor melaju.

NMAX terbaru saat ini belum secara resmi dijual Yamaha. Keran pemesanan termasuk harga jual sedianya baru akan diumumkan pada awal 2020 mendatang.

Berita Terkait
hitlog-analytic