Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ini Spesifikasi Motor yang Dipakai Pertama Kali di Indonesia

Motor Pertama di Indonesia
Sumber :

100kpj – Sepeda motor saat ini merupakan alat transportasi favorit dan populer bagi masyarakat di Indonesia, jumlahnya tiap tahun hampir dipastikan bertambah seiring dengan bertambah pula teknolgi dan fitur yang ditawarkan.

Disamping itu, program menarik yang diberikan oleh APM atau Agen Pemegang Merek kepada calon pembelinya, seperti program akhir tahun dengan berbagai gimmick yang menarik, menjadi poin tersendiri yang menyebabkan sepeda motor begitu diminati di Tanah Air.

Nah, sebetulnya keberadaan sepeda motor di Indonesia memang telah lama ada, dalam buku Krèta Sètan (De Duivelswagen) menjelaskan bahwa John C. Potter memesan sendiri sepeda motor Hildebrand und Wolfműller di pabriknya yang berlokasi di Muenchen.

Motor yang dipesan oleh John C. Potter yang sehari-hari bekerja sebagai masinis di Pabrik Gula Oemboel Probolinggo, Jawa Timur tiba pada tahun 1893, atau satu tahun sebelum mobil pertama tiba di Indonesia, yakni Mercedes-Benz Phaeton milik Sunan Pakubuwono X.

Ternyata motor Hilderbrand and Wolfmuller memproduksi mesin pertama di tahun 1894, hasil kerjasama antara Hildebrand yang membentuk kemitraan dengan Alois Wolfmuller dengan mesin empat silinder berpendingin air 1488 cc. Motor tersebut dibangun di Jerman dan perancis dari tahun 1894 hingga 1897.

Motor itu didesain oleh Alois Wolfmuller yang kemudian dipatenkan pada tahun 1894 sebagai kendaraan roda dengan penggerak mesin minyak atau bensin. Di tahun itu pula hasil karyanya disebut sepeda motor dan akhirnya diproduksi secara massal.

Hilderbrand and Wolfmuller menggendong mesin 1489 cc, two-cylinder water-cooled four-stroke, surface carburetor yang ditopang oleh sasis steel tubular dapat mengeluarkan tenaga maksimal 2,5 hp pada 240 rpm, dengan bobot 50 kg motor ini bisa melaju dengan kecepatan maksimal 45 km/jam.

Berita Terkait
hitlog-analytic