Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Naik Motor di Jalan Basah, Mending Pakai Rem Depan atau Belakang?

Naik Motor saat Hujan
Sumber :

100kpj – Mengendarai sepeda motor saat kondisi hujan dan lintasan basah, tentu memiliki risiko lebih besar. Itulah mengapa, pengendara disarankan berhati-hati, terutama saat sedang melakukan pengereman. Sebab, salah sedikit saja, kendaraan bisa tergelincir dan memicu terjadinya celaka.

Lantas, sebenarnya bagaimana sih, cara mengerem kendaraan yang aman saat berkendara di lintasan basah? Benarkah penggunaan rem belakang jauh lebih disarankan?

Naik Motor saat Hujan

Dilansir dari Suzuki, Jumat 6 Desember 2019, saat melakukan pengereman di jalanan yang basah, pengendara wajib mengkombinasikan rem depan dan belakang secara bersamaan. Tapi ingat, penekanannya tidak selalu sama, tergantung bagaimana situasi jalan.

Kalau jalanan basah, licin, berpasir dan berbatu, disarankan tak menarik rem depan terlalu kuat, atau dikurangi porsinya.

Naik Motor saat Hujan

Tetapi hal itu juga sebenarnya tak mutlak, kalau kondisi aspal yang dilalui baik atau bagus, rem depan bisa ditarik lebih kuat supaya pengereman bisa lebih maksimal. Namun juga sebaiknya diimbangi dengan rem belakang. Dengan pengereman yang tepat, walaupun dilakukan saat kondisi jalan hujan, stabilitas motor tetap terjaga.

Berita Terkait
hitlog-analytic