Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mau Dijual Rp20 Jutaan, Spek Kembaran ADV150 dari China Terungkap

Lifan KPV150.
Sumber :
Ist

100kpj – Motor jenis skutik belakangan terus merajai pasar otomotif di berbagai negara. Besarnya permintaan membuat banyak produsen otomotif ramai-ramai melakukan terobosan. Semua demi satu tujuan, merebut hati konsumen.

Salah satu jenis skutik yang tengah diminati saat ini adalah berjenis semi adventure. Honda sudah memunculkannya melalui ADV150 dan langsung booming di pasaran. Langkah serupa kemudian diikuti produsen motor asal China, Lifan. Pada ajang Motor Expo 2019, di Thailand, Lifan memboyong kembaran ADV150 yang mereka beri nama KPV150.



Meski harga dan keran pemesanan belum dibuka. Namun spesifikasi motor ini sudah mereka ungkap, termasuk kemungkinan kisaran harganya.

Seperti dikutip GreatBiker, Jumat 6 Desember 2019, yang menarik dari Lifan KPV150 adalah, walau ini merupakan motor China, tapi untuk urusan desain mereka menggunakan tim desain dari Eropa.

Alhasil, fokus pada desain KPV150 terlihat modern. Melalui wujudnya pula, Lifan sudah menegaskan kalau KPV150 hadir untuk memposisikan diri menjadi skutik crossover. Bisa dilihat dari ground clereance yang lebih tinggi ketimbang skutik-skutik pada umumnya.



Untuk spesifikasi mesin, terungkap kalau Lifan KPV150 ini disokong mesin 150cc 1-piston, dengan pengabutan bahan bakar bersistem injeksi. Mesin yang didinginkan oleh radiator ini di atas kertas memiliki tenaga maksimum 11,53 HP pada 8.500 rpm dan torsi maksimum adalah 11 newton meter pada 5.500 rpm.

Sayang, angka akselerasi belum terungkap. Tetapi yang pasti dibawah jok, motor ini bisa menampung bahan bakar 12 liter.

Dan dari segi fitur, Lifan KPV150 juga cukup menarik. Suspensi depan sudah mengandalkan model upside down, yang dapat membantu mengurangi dampak 'rebound' kala motor melintasi jalur keriting. Sedangkan suspensi belakang, mengandalkan model monoshock.

Pada pengereman, Lifan KPV150 mengandalkan rem model cakram di depan dan belakang. Cakram lalu dikawinkan dengan perangkat ABS. Fitur menarik lainnya, lampu-lampu sudah LED, layar speedometer juga sudah LCD yang dapat menunjukkan berbagai informasi.



Pada kaki-kaki, KPV150 menggunakan roda berdiameter 14 inci, lalu jarak ketinggian joknya 760 mm, dan memiliki bobot ringan yakni 125 kilogram.

Banyak pihak mengira, motor ini akan dijual jauh lebih murah dari harga ADV150. Jika ADV150 dijual dengan skema harga Rp33 jutaan, Lifan KPV150 kabarnya akan dijual dengan harga Rp27 jutaan.

Sedianya, keran pemesanan Lifan KPV150 baru akan dibuka pada kuartal pertama 2020 tahun depan.
Berita Terkait
hitlog-analytic