Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jawa Perak Segera Mengaspal, Motor Bobber Seram 350cc

Jawa Perak
Sumber :

100kpj – Penggila sepeda motor bergaya bobber pantas menanti kedatangan Jawa Perak. Motor bertampang seram dengan kapasitas mesin 350cc ini rencananya baru akan dipasarkan Jawa pada awal tahun depan. Lalu seperti apa tampang dan dalaman motor yang satu ini?

Jawa Perak ini sebenarnya telah diperkenalkan pada publik November lalu. Namun motor bertampang seram ini baru akan diluncurkan secara resmi dan dipasarkan pada awal tahun 2020 mendatang.

Dari beberapa gambar yang telah beredar, sekilas Jawa Perak memang sangat mirip dengan motor bobber Triumph Bonneville. Karena jika dilihat Jawa Perak tampak seperti versi kecilnya Triumph Bonneville Bobber 1.200cc yang kini ada di pasaran.

Jawa Perak 350


Kesamaan itu juga terlihat dari frame atau kerangka tubular dengan jok tunggal bersuspensi yang diletakkan di atas mono-shock bagian belakang motor. Dengan kata lain, Jawa Perak memang sangat menjiplak gaya Triumph Bonneville yang juga mampu menyembunyikan dengan rapi sistem suspensi dari pandangan.

Untuk suspensi bagian depan, Jawa Perak mengusung model teleskopik. Sedangkan untuk pengereman, roda depan motor ini dibekali piringan cakram sedangkan di bagian belakang dengan dua sistem ABS.

Tentu yang membedakan dengan Triumph Bonneville Bobber adalah kapasitas mesinnya. Jawa Perak hanya dibekali mesin silinder tunggal 334cc dengan pendingin cairan yang mampu memuntahkan tenaga 30 tenaga kuda dan torsi maksimal 31 nm. Tenaga itu disalurkan lewat gearbox enam percepatan.

Motor Jawa Perak.


Sekilas Tentang Jawa

Jawa adalah produsen motor yang didirikan di Praha, Ceko pada 1929 oleh Frantisek Janecek, yang memboyong divisi motor Wanderer. Nama Jawa sendiri diambil dari gabungan kata Janecek dan Wanderer.

Pada tahun 1950an, Jawa dikenal sebagai salah satu produsen motor papan atas dan telah menjajah lebih dari 120 negara. Dua model yang paling legendaris dari Jawa yakni 350 Perak dan 350 Californian.

Pada Oktober 2016, Mahindra & Mahindra lewat anak perusahaannya Classic Legends Private Limited (CLPL), telah mendapat lisensi untuk memegang brand Jawa di India dan beberapa negara di Asia Timur.

Pada November 2018, Classic Legends meluncurkan tiga motor di India yakni Jawa 300, Jawa 42 dan Jawa Perak. Ketiganya diproduksi di pabrik mereka di Pithampur.

Berita Terkait
hitlog-analytic