Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Fungsi Sprocket Cam di PCX 150 yang Bikin Mesin Mati Mendadak

Honda PCX 150 versi lokal.
Sumber :

100kpj – Honda PCX 150 baru yang diproduksi lokal oleh PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai agen pemegang mereknya mengalami masalah. Beberapa konsumen mengeluhkan bahwa mesin PCX mati mendadak saat digunakan jalan.

Namun keluhan tersebut tidak dialami semua pengguna skutik bermesin 150cc tersebut. Oleh sebab itu, surat pemberitahuan yang dilayangkan hanya ke bebreapa konsumen. Seperti disampaikan Corporate Communication PT AHM, Rina Listiani.

“Kami telah mengundang beberapa pengguna Honda PCX datang ke AHASS untuk dilakukan pemeriksaan dan analisa terhadap motornya sejak minggu lalu. Undangan ini hanya untuk beberapa konsumen, tidak semua konsumen,” ujarnya kepada 100KPJ.

Dalam surat edarannya disebutkan komponen yang menjadi penyebab utama mesin motor bisa mati mendadak diduga adalah sprocket cam. Untuk memastikan hal tersebut, konsumen diwajibkan datang ke bengkel resmi untuk pemeriksaan. 

Lantas apa peran utama parts yang berbentuk gear cembung itu?

Technical Servie Division PT AHM, Endro Sutarno mengatakan, sprocket cam itu yang menggerakkan camshaft atau noken as. Jadi fungsinya sangat vital karena sprocket itu posisinya dekat dengan klaher beiring di ujung camshaft. 

Berita Terkait
hitlog-analytic