Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tepat 100 Tahun Lalu Skutik Pertama Tercipta, Bagaimana Tampilannya?

Scootamota
Sumber :

100kpj – Skuter matik merupakan jenis sepeda motor paling banyak digandrungi konsumen di berbagai wilayah. Sistem pengoperasiannya yang mudah, membuat semua kalangan mampu mengendarainya.

Saat ini, beberapa kalangan menganggap bahwa skuter matik merupakan teknologi baru, yang muncul jauh setelah era keemasan motor bebek. Padahal, anggapan itu sebenarnya salah. Skutik sudah ada sejak lama, bahkan jauh sebelum perang dunia kedua dimulai.

Rangkaian sejarah skutik dimulai dari tahun 1919, atau setahun setelah perang dunia pertama usai. Granvile Bradshaw bersama Gilbert Campling Ltd, adalah inisiator yang merancang dan memasarkan skutik pertama di dunia. Tunggangan bertransmisi otomatis itu mereka namakan Skootamota, yang sepintas terdengar seperti scooter motor.

Dilansir dari Silodrome, Jumat 1 November 2019, Skootamota sengaja dihadirkan untuk mengakomodasi permintaan warga Britania, terutama Skotlandia, yang ingin memiliki kendaraan sebagai moda angkut dari satu tempat ke tempat lain. Sebab, saat itu sarana publik di negara tersebut belum sebaik sekarang.

Secara tampilan, Skootamota mengusung rangka baja sederhana dengan platform datar tanpa dek di bagian tengah. Motor itu bergerak dengan mengandalkan sepasang roda spoked kecil seperti milik sepeda. Menariknya, ketinggian setang dan dudukan bisa diatur sesuai keinginan pemiliknya.

Berita Terkait
hitlog-analytic