Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mau Beli Knalpot Motor Dual Mode, Harga Mulai dari Rp800 Ribu

Knalpot Motor
Sumber :

100kpj – Setiap sepeda motor dibekali dengan selongsong pembuangan sisa emisi bernama knalpot. Biasanya, pihak pabrikan menghadirkannya dalam bentuk standar, sehingga suara yang dihasilkan cenderung senyap alias tak begitu bising.

Akan tetapi, sebagian kalangan—terutama kaum pria, menilai suara knalpot motor yang pelan kurang menonjolkan sisi maskulinitas dalam dirinya. Maka, modifikasi dijadikan jalan keluar dengan mengganti knalpot bawaan dengan selongsong baru yang berbunyi kencang.

Kendati bisa memuaskan diri, toh penggunaan knalpot jenis tersebut berisiko mengganggu orang sekitar yang mendengarnya. Itulah mengapa, beberapa pabrikan yang membuat komponen tersebut menghadirkan versi dual mode, sehingga pemiliknya bisa memilih sendiri suara apa yang ingin dihasilkan knalpot.

Knalpot Motor

Pemilik bengkel dan toko aksesori Kings Motor di bilangan Bekasi Barat, Krisyanto menyebut, cara pengoperasian knalpot dual mode sangat mudah, yakni dengan memainkan tuas yang terhubung dengan katup knalpot. Pilihan suaranya sendiri ada yang standar alias senyap dan juga racing.

“Katup itu fungsinya untuk mengatur jenis suara. Jadi kencang atau enggaknya tergantung bukaan di bagian itu,” ujarnya saat disambangi 100KPJ.

Knalpot dual mode sendiri sudah banyak dijual di toko-toko pinggir jalan dan lapak online. Soal harga, tergantung merek. Namun, kata Krisyanto, ada yang harganya di bawah Rp1 juta.

Berita Terkait
hitlog-analytic