Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Lamborghini Ternyata Pernah Bikin Motor Bermesin Kawasaki

Motor Lamborghini Design 90.
Sumber :

100kpj – Lamborghini dikenal merupakan merek mobil sport bertenaga bengis besutan Italia. Namun siapa sangka, di balik nama besarnya Lamborghini pernah membuat sepeda motor.

Ya, peristiwa itu terjadi pada era 1980-an. Motor karya Lamborghini diberinama Design 90. Di mana produksi hanya dibuat sebanyak enam unit saja.

Seperti dikutip BikesRepublic, Jumat 13 September 2019, ide dari pembuatan motor Lamborghini datang dari Patrick Mimran yang pada 1984 mengatakan akan menjadi ide bagus bagi Lamborghini setelah mengalami kepailitan untuk mendulang untung dari sektor roda dua.



Lamborghini kemudian bekerjasama dengan perusahaan asal Prancis, bernama Boxer, salah satu produsen sepeda terbaik saat itu.

Setelah perjanjian dengan Boxer, Lamborghini Design 90 akhirnya lahir pada 1986. Motor ini dirancang oleh orang Italia, direkayasa oleh Prancis dan dibangun menggunakan komponen Jepang.



Mesin yang digunakan adalah berasal dari dapur pacu Kawasaki 1.000cc, DOHC, 4 katup inline yang bisa menghasilkan tenaga 130 bhp. Di mana motor ini bisa melaju di kecepatan maksimal 258 kilometer per jam, cukup cepat di zamannya.



Namun sayang, pada akhirnya proyek itu tidak dianggap berhasil dan dibatalkan. Dari enam motor yang diproduksi, hanya lima yang tersisa. Di mana kelima motor tersebut jadi salah satu koleksi langka bagi para pencintanya.
Berita Terkait
hitlog-analytic