Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Cepet Banget, Pabrik Honda Cuma Butuh 22 Detik Rakit Mesin Motor

Skutik Honda Genio.
Sumber :
AHM

100kpj – Honda merupakan merek raksasa roda dua di dunia. Saking terkenalnya, produk-produknya pun jadi andalan banyak orang, termasuk bagi warga Indonesia.

Namun tak banyak yang tahu, untuk memproduksi, rupanya butuh waktu singkat bagi Honda untuk menjadikannya sebuah sepeda motor. Sebagai contoh pada sektor mesin Honda Genio.

Menurut General Manager Plant AHM Cikarang, Dodi Sutriadi, mereka hanya butuh waktu 22 detik untuk merakit satu mesin motor tersebut. Alhasil, dalam satu hari pabrik mereka di Tanah Air bisa merakit sebanyak 2.100 hingga 2.200 unit Genio.



Ini tentu menggambarkan kalau proses produksi sepeda motor sangat cepat. “Setiap line butuh waktu 22 detik. Contohnya, mesin kan ada beberapa bagian, seperti kepala silinder. Nah, merakit satu mesin butuh 22 detik. Lalu, ada lagi line untuk rangka, memasang bodi plastik yang sudah diberi stiker,” tuturnya, Selasa 10 September 2019.

Bukan tanpa memikirkan kualitas, karena produk garapan Honda diklaim sangat memperhatikan hal tersebut. Makanya mereka mengklaim kalau motornya awet digunakan.

Honda Genio meluncur di Jakarta.


Sebagai contoh pada sektor rangka. Kata Dodi, Genio menggunakan rangka baru yang diberi nama enhanced Smart Architecture Frame atau eSAF.

“Proses produksi rangka baru eSAF pada Honda Genio didesain secara khusus, untuk menghasilkan kualitas terbaik dengan bobot yang jauh lebih ringan, agar dapat memberikan kemudahan bermanuver di jalan,” ujarnya.

Rangka dibuat dengan proses produksi mutakhir, seperti proses press serta penyambungan titik dengan menggunakan teknik las laser. Hasilnya jadi lebih presisi dan rapi.

 

(Laporan: Yunisa Herawati)

Berita Terkait
hitlog-analytic