Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Saking Bahayanya Baterai Motor Listrik, Viar Sampai Lakukan Ini

Baterai Motor Listrik
Sumber :

100kpj – Selain infrastruktur, salah satu permasalahan utama motor listrik adalah limbah baterai bekas. Saat ini, masih banyak kalangan yang belum mengetahui, ke mana larinya komponen daya tersebut. Bahkan sebagian khawatir, limbahnya bisa mencemari lingkungan.

Kekhawatiran itu sebenarnya tak keliru. Sebab, semua jenis baterai bekas seperti baterai kendaraan, alat elektronik, maupun baterai yang bisa dicas (rechargeable) termasuk limbah B3 atau Bahan Berbahaya dan Beracun.

Bila dibuang sembarangan atau tidak didaur ulang, maka kandungan logam berat dan zat-zat berbahaya lain yang ada di baterai dapat mencemari air dan tanah, yang pada akhirnya membahayakan tubuh manusia.

Tempat penyimpanan baterai di motor Gesits

Kenyataan tersebut membuat pabrikan sepeda motor lokal yang telah lama bermain di segmen elektrik, Viar Motor Indonesia mengambil langkah cepat. Mereka tak ingin, kendaraan yang diklaim ramah lingkungan, justru menghasilkan limbah yang berbahaya bagi manusia dan alam.

Bekerjasama dengan perguruan tinggi swasta di kawasan Tangerang, Universitas Pelita Harapan (UPH), mereka sepakat melakukan riset bersama terkait pemanfaatan limbah baterai sebagai sumber daya obyek lain.

Peneliti Limbah Baterai
Berita Terkait
hitlog-analytic